Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, December 4, 2014

Pengen punya bisnis ? Mulai dari mana ya ?? (Part 2)

Assalamualaikum beautiful ?

Melanjutkan dari posting saya sebelumnya disini ya.

Kita bisa memulai bisnis dengan membeli Franchise, Kemitraan atau membangun brand sendiri. Saya coba bahas satu per satu ya..

Source : sanchelima.com

1. Franchise. Membeli sebuah franchise bisa menjadi alternatif bagi seseorang yang bingung untuk memulai usaha. Franchisor adalah pemilik usaha yang memfranchisekan usahanya dan Franchisee adalah orang yang membeli franchise usaha. Kita juga bisa membeli master franchise. Misalnya, Gelael membeli master Franchise dari K*C untuk di pasarkan di Indonesia. Atau Jhonny Andrean membeli master Franchise B**ad Ta*k.

Keuntungannya antara lain :
a. Brand yang sudah terkenal sehingga menghemat biaya marketing.
b. Produk yang sudah ready , bisa langsung produksi
c. Standard Operating Procedure (SOP) sudah ada
d. Support dari Franchisor
e. Franchisee bisa langsung earn profit
f. Karyawan sudah siap dan di training

Kelemahannya antara lain :
a. Biasanya dibatasi waktu sesuai perjanjian kerjasama
b. Franchisee tidak bisa men-develop atau menjual product lain nya yang sejenis.
c. Umumnya ada biaya franchise tiap bulan yang harus dibayarkan kepada Franchisor

Kalau untuk biaya investasi nya, biasanya tergantung dari seberapa mapan nya usaha yang di franchise kan tersebut. Makin mapan dan terkenal, makin mahal / besar investasi yang dikeluarkan. 

2. Kemitraan. Skema kemitraan hampir mirip dengan Franchise. Pemilik usaha memberikan penawaran kemitraan kepada pembeli usaha. SOP, perlengkapan usaha, bahan baku dan karyawan sudah ditraining oleh pihak pemilik usaha. Bedanya kita tidak membeli merk nya. 

Keuntungannya antara lain :
a. SOP sudah ada
b. Produk dan perlengkapan usaha sudah siap
c. Karyawan sudah siap dan di training
d. Umumnya biayanya lebih murah dari membeli Franchise
e. Tidak ada batasan waktu karena menggunakan merk sendiri
f. Tidak ada biaya franchise fee
g. Punya merk sendiri

Kelemahannya antara lain :
a. Mengeluarkan biaya lebih banyak untuk marketing product / jasa
b. Brand yang belum familiar
c. Belum ada loyal customer

3. Memiliki brand sendiri.
Keuntungannya antara lain :
a. Bebas berkreasi dan mengembangkan produk
b. Bebas dari biaya franchise fee maupun kemitraan. Besar dana yang ingin diinvestasikan terserah kita. Tapi hati-hati bisa jadi justru lebih besar, karena kurangnya pengalaman kita.
c. Memiliki kepuasan dan kebanggaan tersendiri karena kita berhasil mengembangkan produk dari hasil kreatifitas kita sendiri

Kelemahannya antara lain :
Banyakkkk!!! hehehe musti siapin produk, siapin marketing kit, training karyawan, bikin SOP dll karena mulai dari nol. Tapi kalau sukses nikmaatt hehehe..

Pengalaman saya pribadi bagaimana ? Saya memulai dengan membeli franchise makanan khas timur tengah. Alhamdulillah balik modal dalam waktu 1,5tahun. Saya juga pernah bermitra membuka usaha chinese food. Lalu punya 2 usaha dengan brand sendiri. 

Hingga saat ini pun saya masih belajar dan terus menyemangati diri sendiri agar usaha-usaha yang saya miliki bisa sukses dan terus berkembang. Tadi nya saya ingin share foto-foto usaha saya disini tapi berhubung foto nya bisa membuka rahasia perusahaan sepertinya belum dulu yaa..hehehe..

Saat awal memulai usaha, saya masih berdiri dua kaki di dua kuadran. Masih jadi karyawan dan punya usaha juga. Dengan pertimbangan kondisi personal saat itu akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan dua kaki saya. Alias fokus di bisnis saja. 

Oiya salah satu hal yang menyenangkan dari memiliki bisnis adalah memiliki karyawan. Dimana, ada perasaan senang disaat kita bisa memberikan gaji kepada karyawan kita dan tahu kalau mereka bisa menafkahi keluarga nya dari apa yang kita berikan. Simbiosis mutualisme. ^_^ Hal itu saya rasakan menjadi keberkahan tersendiri. 

Okay semoga apa yang sudah saya share bisa bermanfaat ya.. ^_^

Ciao bella #alasyahrini
Au Revoir ! #alaRJ ;);)


8 comments:

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.