Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, September 4, 2018

Tips menjaga asupan makanan selama traveling


Assalamu'alaikum dear friends? apa kabar ? semoga sehat selalu ya ^_^

Di blogpost kali ini saya ingin share mengenai beberapa tips untuk menjaga asupan makanan yang benar selama kita traveling.

Untuk kita (saya dan kamu tentunya) yang memiliki hobi traveling, pasti seringkali "menyerah" dengan mengkonsumsi "junk food" selama traveling. Yang penting tidak kelaparan, yang penting kenyang. Betul tidak? 

Contohnya saya, saat traveling ke jepang beberapa bulan lalu. Sebagai orang Indonesia asli, tidak afdol rasanya kalau belum makan nasi. Apartment tempat saya tinggal menyediakan kompor tapi jika ingin memasak nasi menggunakan panci biasa tentu perlu waktu yang lebih lama. Belum lagi kalau ditinggal tentunya nasinya bisa dingin. Apartment saya tidak menyediakan rice cooker, waktu itupun jika ingin membawa rice cooker dari Indonesia tentunya akan sangat merepotkan, karena rice cooker yang saya punya besar sekali ukurannya.

Alhasil, saya hanya bisa membeli salmon onigiri terus di mini market dekat apartment untuk sarapan dan beberapa kali saat makan malam, di siang hari saya dan suami wisata kuliner mencoba berbagai kuliner jepang yang halal.

Sebenarnya, kita dapat mensiasati agar tidak selalu berakhir dengan membeli dan mengkonsumsi makanan cepat saji saat traveling. Berikut beberapa tips yang bisa dipersiapkan agar asupan kita dan keluarga selama traveling tetap terjaga, yang saya dapatkan melalui event Cosmos Blogger Gathering, 29 Agustus 2018 lalu, di Soeruni Restaurant, Lippo Mall Puri.



Ibu Pafitri SKM,RD
Informasi tentang How to eat (real) food while traveling disampaikan oleh Ibu Pafitri, SKM, RD, yang merupakan Nutrition Expert. Berikut tips yang disampaikan oleh beliau :

1. Apa yang perlu dilakukan sebelum traveling ?
a. Buat keputusan makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama traveling. Misalnya merencakan untuk tidak mengkonsumsi "junk food" atau gorengan. Jika perlu buatlah daftar restoran maupun menu yang akan dipilih.

b. Rencanakan jenis makanan apa yang akan dibawa dan berapa banyak yang akan dibutuhkan. Misalnya kita dapat membawa sedikit beras, ayam kukus, dan bumbu seperti garam, merica dimasukkan kedalam plastik kecil. 

c. Fasilitas / alat masak praktis. Misalnya seperti saya yang memilih tempat tinggal yang sudah menyediakan alat masak seperti kompor , wajan, panci saat traveling ke Jepang.
Jika hotel tidak menyediakan, kita dapat membawa Mini Portable Digital Rice Cooker CRJ 1031, terbaru dari COSMOS. Dengan kapasitas 0,3 liter yang memiliki 4 fungsi yaitu memasak cepat, memasak nasi, memasak mie instant dan menghangatkan.

d. Berbelanjalah sesuai kebutuhan. Seperti membeli sedikit sayur atau buah-buahan untuk dikonsumsi segera. 

2. Bagaimana mempersiapkannya ?
Sebaiknya makanan yang kita bawa disimpan diwadah plastik kedap udara, tidak mudah tumpah, bebas BPA, dan dipisahkan jenisnya.

Berikut contoh makanan segar yang dapat kita bawa :
a. Sayuran seperti wortel dan brokoli
b. Telur yang sudah direbus tanpa dikupas kulitnya
c. kentang manis panggang
d, Salad siap pakai

Contoh makanan kering dan tahan lama yang dapat kita bawa :
a. Dendeng/ abon/ rendang
b. Kacang-kacangan
c. Buah kering (keripik apel atau keripik mangga)
d. Buah-buahan segar seperti apel, pisang atau jeruk
e. Biskuit / krakers
f. Kue dari beras/gandum

Prinsip Pola Makan sehat dan seimbang

3. Apa yang harus dilakukan selama traveling ?
a. Perhatikan kebersihan dan sanitasi makanan dan minuman yang dikonsumsi
b. Makan sesuai pola kebiasaan rutin. Jangan sampai menunda makan yang dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan perut sakit
c. Makan sering tapi jumlah sedikit
d. Persiapan penanganan jika terserang diare atau gastroenteritis (infeksi pada lambung dan usus akibat virus atau bakteri) misalnya membawa obat.

Pembagian asupan dalam 1 piring
Kesimpulannya selama traveling kita perlu melakukan :
1. Jangan tinggalkan pola dan jadwal makan sehat kita sehari-hari
2. Tetap makan 3x sehari
3. Perbanyak konsumsi ikan dan sumber protein sehat lainnya
4. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan
5. Perbanyak konsumsi air putih
6. Membawa bekal dan camilan sehat
7. Makan lebih sering dengan porsi kecil
8. Batasi dan hindari makanan cepat saji, jajanan berlemak, terlalu manis dan terlalu asin.
9. Bawalah alat masak praktis seperti COSMOS Mini Portable Digital Rice Cooker CRJ 1031 agar kita dapat mempersiapkan sendiri makanan yang sehat.






Tentang PT. Star COSMOS
Cosmos adalah salah satu merk elektronik rumah tangga Indonesia pertama yang memegang teguh komitmen terhadap standar tinggi dalam teknologi dan kualitas. Dibawah naungan PT. Star Cosmos , produk – produk Cosmos dirancang dan diproduksi untuk selalu menjadi inovator dan pelopor dalam industri produk perlengkapan rumah tangga sehingga selalu dicintai oleh konsumen Indonesia hingga kini.

Ibu Retno, Marketing Manager Cosmos
PT. Star Cosmos didirikan oleh Bapak Ir. Alam Surjaputra dan perkembangannya dalam industri alat-alat rumah tangga terus mengalami kemajuan, terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih secara konsisten seperti Indonesia Good Design dan Top Brand Awards sejak tahun 2003 hingga di tahun 2017 kemarin. Cosmos juga membuktikan kualitas produknya sebagai produsen kipas angin pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan Sertifikat dari Standar Nasional Indonesia (SNI) . Bisa dikatakan, produk Cosmos telah diakui oleh Pemerintah Indonesia sebagai produk yang memiliki standar kualitas dan standar keselamatan yang tinggi.

Bapak Adi Jaya, Product Manager Cosmos
Cosmos bangga telah menjadi bagian dari keluarga Indonesia selama 42 tahun dan selalu berinovasi menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat para keluarga Indonesia.  Salah satunya adalah dengan menghadirkan produk Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031, rice cooker yang sangat cocok untuk dibawa traveling. Mini Digital Rice Cooker dengan kapasitas 0,3 liter ini juga multifungsi 4in1 yaitu memasak cepat, memasak nasi, memasak mie instant, dan menghangatkan. Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 ini juga memiliki tempat penyimpanan kabel di bagian bawah rice cooker sehingga lebih rapih, praktis dan aman. Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 dengan panci anti lengket ini juga dilengkapi gelas pengukur, pengukus serbaguna, dan sendok nasi. Tidak hanya itu, designnya juga cantik dan kekinian banget, sesuai dengan lifestyle ibu masa kini.



Pada event Cosmos Blogger Gathering ini saya mendapatkan informasi dari Kushandari Arfanidewi alias selebgram mom @kelincitertidur, berbagi resep membuat nasi kuning ayam, yang merupakan salah satu menu favorit saya. Mudah sekali membuat nasi kuning ayam ini dan super cepat dengan menggunakan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031.


Mom Kushandari Arfanidewi

Nasi Kuning Ayam created by @kelincitertidur


Tentunya, dirumah saya juga mencoba mempraktekan resep yang diberikan dengan sedikit modifikasi. Saya membuat nasi kuning khas gorontalo, dengan pelengkap daging"garo" dan bihun dengan ikan cakalang suwir. 


Nasi kuning gorontalo


Super enak hasilnya. Alhamdulillah.
Berikut video keseruan cooking demo bersama Mba Ayi @kelincitertidur, happy watching :)



Harga Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031.

Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 diluncurkan dengan harga Rp. 348.000,-

Mau langsung beli?
Ada kabar baik dari saya untuk moms cantik pembaca blogpost ini. 

Selama periode 31 agustus - 16 September 2018, dengan berbelanja di belanjacosmos.com akan mendapatkan discount 20% khusus pembelian Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 dengan menggunakan kode voucher : COSMROSWITHAJASSINCRJ

Dan untuk produk Cosmos lainnya, jangan sedih, moms juga tetap bisa mendapatkan discount 15% dengan menggunakan kode voucher : COSMROSWITHAJASSIN

Berikut cara penggunaan vouchernya :



Mudah khan? yuk gerak cepat moms, tunggu apalagi, discountnya berlaku untuk semua produk yang tersedia dan tidak ada minimal pembelian.

Nah, tiket traveling berikutnya sudah ditangan nih :) hayo tebak mau kemana saya? he-he-he 
Hati tenang sudah ada Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 , siap makan enak deh ^_^ 
In sya Allah semoga semua lancar, aamiin.

Yuk, teman-teman, siapa yang akan ikut jejak saya traveling dengan Mini Digital Rice Cooker CRJ 1031 dari Cosmos? atau ada yang punya pengalaman traveling dengan membawa mini rice cooker? share di kolom komentar ya ? :)

Thank you for reading
Salam :)


Berbagai produk Cosmos lainnya
Berfoto bersama seluruh blogger dan narasumber


18 comments:

Uci said...

Bentuknya imut, fungsinya maksimal banget ya, aku mau beli juga ah.. Biar ga khawatir lagi sama apa yg harus dikonsumsi saat traveling sama keluarga, jadi tetap bisa makan makanan sehat deh

Inka Amalia said...

Pengen punyaaaa aku tuh, bisa menghangatkan makanan jadi kalau bawa baby gak ribet lagi bawa cooler bag dan perintilan mpasi lainnya ya

zata said...

seneng banget bisa hadir di acara ini kemaren, banyak dapet ilmu, ya ttg makanan sehat sampe soal alat praktis yg mempermudah urusan masak :)

jagbir said...

Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

Keep it up!

Haya Aliya Zaki said...

Waaa ... seru juga nih bikin nasi kuning, daripada beli terus ya, Witha. Bumbunya pasti lebih berasa dan lebih sehat pastinya. :D

Roswitha Jassin said...

Iya dear kudu langsung beli mumpung lagi discount ya:)

Roswitha Jassin said...

Betul, membantu banget ya :)

Roswitha Jassin said...

Iya mba zata, happy banget bisa punya cosmos mini rice cooker ini :)

Roswitha Jassin said...

Betul banget mba haya, bisa bikin nasi kuning, nasi uduk, nasi liwet.. semua mudah, cepat, higienis dan enaak pastinya :)

Roswitha Jassin said...

Thank u for the compliment.

HerminiYuliawati said...

Si imut ini cocok banget nih buat nemenin aku ngekos.

Tuty Queen said...

boleh juga nih nyobain masak nasi kuning kayak gini, praktis ya mbak

Roswitha Jassin said...

Nah pas banget juga ini porsinya untuk anak kost :)

Roswitha Jassin said...

Gampang banget ya ternyata :)

Jade Ayu said...

rice cookernya imut tp fungsinya maksimal yah withaa

Roswitha Jassin said...

Betul banget buyu.. udah punya belum? Cuss gercep ya :)

Risalah Husna said...

Simple banget deh bawa rice cooker mini ini pas traveling. Ngga makan tempat dan jadinya irit pengeluaran juga.

Roswitha Jassin said...

iya lumayan irit ya bisa masak sekaligus menghangatkan juga bisa buat sarapan sampai makan malam juga :)