Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, March 20, 2018

5 Alasan kenapa Changi Airport selalu di Hati

Assalamu'alaikum dear friends?

Singapore, sebagai salah satu negara tetangga Indonesia, selalu menjadi pilihan pertama untuk masyarakat Indonesia yang ingin berwisata atau berlibur ke luar negeri untuk pertama kali. Seperti saya contohnya, memilih Singapore sebagai destinasi, saat pertama kali berlibur keluar negeri bersama teman-teman kuliah di tahun 2003.

Kemudian di 2007 bersama dua kakak saya, kami keliling singapore disaat kami semua masih berstatus single, lalu di 2011 kembali liburan di singapore bersama suami saya, dan di tahun 2012 menemani alm.Papi saya berobat di Mount Elizabeth Hospital.

Di tahun 2014, saya berangkat ke Qatar untuk mengunjungi kakak yang bekerja disana, saya kembali menginjakkan kaki di Singapore, untuk transit sejenak berganti pesawat di Changi Airport. Dan yang terakhir di Februari 2018 saya dan suami kembali memilih Singapore sebagai destinasi wisata. Kenapa Singapore? Karena Singapore selalu memiliki tempat wisata baru yang menarik, keren, dan wajib untuk dikunjungi.
at Art Museum Singapore
at Merlion Park Singapore

Baik berniat untuk berlibur di Singapore maupun sebagai transit untuk ke destinasi berikutnya, kita pasti akan menginjakkan kaki di The One and only Airport in Singapore, yaitu Changi Airport, yang hingga kini terus berkembang hingga memiliki 4 Terminal. Setiap kali tiba di Changi saya pasti akan selalu terkagum-kagum dengan fasilitas baru dan kecanggihan yang ada. Di 14 Februari 2018 ini, saya dan suami merayakan 9 tahun pernikahan. So, love is in the air dan suasana penuh cinta ini juga saya rasakan saat berada di Changi.


Changi Airport selalu menjadi Airport yang menyenangkan untuk saya, kenapa?
Berikut beberapa alasan kenapa Changi Airport selalu di Hati saya :


1.  Fasilitas airport yang lengkap.
Saat menginjakkan kaki di changi airport kita akan menikmati berbagai fasilitas airport yang amat memudahkan perjalanan kita. Banyak sekali fasilitas yang tersedia di Changi Airport, saya sebutkan beberapa yang amat saya rasakan manfaatnya ya, yaitu :
  • Free WiFi 
Changi Airport menyediakan Free Internet Access untuk semua passengers. Saat tiba di Terminal 4 Changi Airport kita dapat dengan mudah mendapatkan akses WiFi dengan meregistrasikan passport kita di mesin yang sudah tersedia. Free Internet Access yang disediakan adalah untuk tiga jam. Saat sudah meregistrasikan passport kita akan mendapatkan password untuk akses WiFi. Kemudian, input passwordnya dan voila! akses WiFi yang super ngebut sudah dapat kita nikmati.
Kita juga dapat memperoleh akses Wifi gratis selama 24 Jam di Changi Airport melalui aplikasi IChangi yang sebelumnya sudah kita download.

Scan Passport
Got the password
  • Free Water
Harga Air Mineral di Singapore itu mahal sodara-sodara, he-he-he, satu botol air mineral ukuran 600ml di yang saya beli di 7Eleven seharga SGD 1,8 atau sekitar Rp.18.500. Kalau semua dikurs ke Rupiah memang akan terasa mahal ya. Saran saya, lupakan saja urusan membanding-bandingkan mata uang kalau seperti itu nanti bisa pusing sendiri. He-he-he. 

Jadi, saat melihat di Changi Airport banyak sekali mesin untuk mendapat Free Water, saya super happy, yayyy, bisa berhemat. Apalagi dimesin yang tersedia di Departure area Terminal 4 Changi Airport menyediakan pilihan Cold, Warm and Hot Water. Dimana, saya hanya bisa meminum warm water, karena kalau dingin suka mudah batuk. He-he-he. Jadi, senangnya bisa dapat minum gratis.


Warm water for me
  • Toilet yang bersih dan canggih
Toilet yang bersih, itu menjadi salah satu syarat mutlak untuk saya saat menilai suatu tempat OK atau tidak untuk kembali dikunjungi. Bisa males banget deh saya kalau suatu tempat toiletnya kotor, sebisa mungkin tidak balik lagi ke tempat itu ;( . Nah hal ini tidak akan kejadian di Changi Airport deh, karena super duper bersih. Apalagi saat ke Toilet di Departure Terminal 4, dimana Toiletnya adalah Smart Toilet, dimana closetnya sudah auto-flush, dua pilihan shower (ditengah dan dibelakang), seat warmer (nah ini saya nyaman banget karena seat yang hangat, masuk angin yuk dadah bubye deh he-he-he) dan auto open-close. Saat masuk ke bilik toilet, saya sampai terkaget sendiri, saat tutupan closetnya yang terbuka sendiri ha-ha-ha. Norak banget sih. :D. Kalau ingin kita tutup, cukup tekan tombol close saja di remote. Keceee

Aku sampai lupa mau foto toilet kecenya, tapi ada di video youtube nanti. Nonton ya video #ChangidiHati di youtube channel aku. Soon. Promo dong..eaaa 
  • Many charging outlets
WiFi sudah OK, bagaimana kalau gadget kita low battery dan kita tidak punya power bank. Jadi tidak bisa update dan browsing, percuma dong ya Free WiFinya. Kita tidak perlu khawatir karena di Changi Airport charging outlets tersedia diberbagai tempat. Bukan hanya dibeberapa tempat, dimana kita harus berdiri dan meninggalkan gadget kita ditempat itu. Melainkan, charging outlet berada persis disebelah sofa. Jadi sambil duduk santai, kita bisa browsing dan posting di social media, plus charging gadget kita.




  • Novelty Chair & Snooze Lounge
Bagaimana jika flight kita delay? atau memang jadwal penerbangan selanjutnya membuat kita perlu transit selama beberapa jam? Sebagai manusia normal tentunya tubuh ini perlu beristirahat. Tenang, di Changi Airport tersedia Snooze Lounge, yaitu tempat khusus yang disediakan bagi kita yang ingin beristirahat atau tidur dengan tenang. Sleeping chair nya yang nyaman akan membuat kita langsung tertidur begitu berbaring.

2. Surga belanja

Mau cari barang apa? Di Changi super lengkap. Mulai dari produk fashion, beauty, hingga jewellry pasti ada dan banyak sekali pilihannya. Brand fashion ternama dan terfavorite banyak mulai dari Michael Kors, Furla, Coach, Zara, Tory Burch dan lainnya ada di Changi Airport. Beauty store mulai dari Guardian, Watsons, The Body Shop, dan lainnya juga ada di Changi Airport. Hingga toko aksesoris, perhiasan, toko menjual oleh-oleh souvenir khas Singapura juga ada.

Shopping di Charles & Keith


Di Changi kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah, karena selain banyak discount tentunya di Changi kita dapat berbelanja bebas pajak. Jadi, siap-siap memberi hadiah untuk diri sendiri, keluarga dan sahabat dengan membeli produk produk terbaik di Changi Airport.





3. Surga kuliner
Selama di Changi Airport tidak perlu risau mencari makanan, karena tersedia berbagai restaurant yang menyajikan menu khas singapura hingga menu international.


Many restaurants behind me

4. Transportasi yang mudah 
Ada 4 Terminal di Changi Airport, yaitu T1, T2, T3 dan T4, dimana yang terbaru adalah Terminal 4. Kunjungan terakhir saya ke Singapura pulang-pergi menggunakan Air Asia. Semua penerbangan Air Asia tiba dan berangkat dari terminal 4.


Kita dapat menggunakan shuttle bus gratis sebagai transportasi dari dan menuju Terminal 4 ke Terminal 2. Bus berangkat setiap 10 menit sekali. Kita dapat dengan mudah menemukan lokasi shuttle bus. Untuk di terminal 4 terdapat di pintu 1 arrival area dan di terminal 2 terdapat di pintu 1 arrival area. Kalau bingung dimana pintu 1 berada, kita cukup mencari signage shuttle bus di arrival area. Dan duduk manis menunggu bus datang. Mudah sekali.


Untuk menuju kota, saya dan suami memilih menggunakan MRT. Lokasi MRT yang kami ditemui ada di Terminal 3. Hotel kami menginap, Nuve Hotel, berada di area Bugis. Jadi kami hanya perlu mengikuti jalur hijau, dari Changi - turun di tanah merah - pindah MRT menuju ke arah Bugis. Untuk membeli tiket MRT dapat dibeli langsung di mesin untuk membeli tiket per trip. Kita juga dapat membeli EZ Link Card di loket Passanger Service Centre. Untuk membeli Singapore Tourist Pass (STP) hanya tersedia di Changi Airport Terminal 2.

Menanti Train ke Bugis

Jadi, saya membeli EZ Link Card sebesar SGD12, dimana SGD5 tidak dapat dikembalikan ( merupakan biaya kartu), untuk Top Up kartu hanya bisa per kelipatan SGD 10. Saran saya beli saja EZ Link Card dan disimpan untuk kunjungan berikutnya, karena akan lebih hemat daripada kita membeli tiket MRT per trip.


5. Airport yang menyajikan berbagai pilihan entertainment dan instalasi menarik.
Changi Airport ini bukan sekedar Airport. Rasa bosan menunggu waktu transit atau pesawat yang delay ber jam-jam sekalipun, akan tidak terasa. Kita bisa belanja atau window shopping dulu, wisata kuliner, tidur di snooze lounge, nonton film atau tayangan olahraga, main games, hingga keliling untuk foto-foto Outfit of The Day di berbagai instalasi menarik yang ada di Changi Airport.
Entertainment spot

Instalasi Les Oiseaux (The Birds)
Free computer & internet access


Super keren khan? Pantas saja kalau Changi Airport selalu di Hati.

Dan di bulan kasih sayang ini, Changi Airport mengadakan kontes foto berhadiah Free Ticket to Korea via Singapore plus Gift Card SGD 200. Wow, banget! Teman-teman pasti mau ikutan khan?

Caranya mudah banget, ini dia step nya :

1. Submit dan Upload Foto kamu dengan Gesture atau Stiker Hati ( Love Sign) di bit.ly/changidihati-rj
2. Ceritakan mengapa Changi Airport selalu di Hatimu, gunakan hashtag #ChangiDiHati
3. Isi data diri dan Click Submit. Done

Kontes ini berakhir di 31 Maret 2018 pukul 23.59 WIB. Untuk peserta yang berfoto di Changi Airport akan memiliki kesempatan lebih untuk menang. Aku doakan teman-temanku tercinta yang baca post ini yang menang. Semangat dan good luck ya!

Thank you for reading
Salam!

15 comments:

Sandra Nova said...

Changi emang selalu bikin betah, kalau mau ke LN pasti milih yg transit di Changi aja biar enak karena banyak fasilitas & bikin betah, apalagi kl pake SQ bisa dapet uang buat jajan hihihihi jadi tambah hepi :D

Anonymous said...

suka foto2nya mba wit.. cantik semua... adem gitu.

Tapi emang Changi Airport wagelasih, aku aja bisa betah seharian di sana hahahah

Roswitha Jassin said...

Wah ternyata memang selalu dikasih voucher jajan ya kalau pakai SQ, pantes aku kmrn beli tiket ke Jepang dapat voucher SGD40 Alhamdulillah.. lumayan banget itu he-he-he

Roswitha Jassin said...

maacii Aie :)

iya cuma di Changi kayanya kalau flight delay jadi ga terlalu sedih, karena banyak yang bisa dilihat dan dilakukan :)

Ifa musyrifah said...

aku happy banget hihi perdana keluar negeri dan pengalaman di SIngapore asyik banget dan menyenangkan.

Bahkan muterin bandara aja udah happy ya mih. Kewl banget emang Changi:)

Yeye said...

Aku pun tak bosen2 kesana.. Jd pengen kesana lg nih, sejak ada Leah, blm pernah kesana lg soalnya hehe

Roswitha Jassin said...

Wah Alhamdulillah asik banget ya ke singapore selalu ada tempat baru yang seru-seru :)

Iya kece banget ya changi. Semoga ada rezeki jalan-jalan disana lagi :)

aan said...

Changi airport itu keren dan lenfkap fasilitasnya. Selain itu utk mobilisasi antar terminal TI - T3 mudah dan cepat. Mau cari makan banyak pilihan dan enak-enak, mau belanja tersedia banyak bgt toko retail dari yg low budget sampai yg branded item yg mahal tinggal pilih! Buat teman-teman yg Muslim tersedia praying room (mushola) yg luas dan bersih (lengkap sama sarung & kopiah pinjaman). Oiya kalo saking serunya Window Shopping dan berkeliling seputaran bandara tapi tiba-tiba haus jgn khawatir.. Tersedia free drink water di berbagai area di dlm bandara, tinggal pencet keran.. Cusss! Legaaa.. Lanjut jalan.. Hehehe! Mantap deh Changi Airport ini..

Roswitha Jassin said...

cuss mamah mamah semua kita kesana :)

Roswitha Jassin said...

Betul mantab !!

swastikagie said...

Lengkap banget mamih infonya, kudu banget ini mah ke sana lagi dan explore wkwkwkwkk.

Ikutan kontes sekalian, kali aja rezeki bisa menang 😆

Lany said...

Waah changi airport sudah makin bagus dan banyak fasilitas dan upgrade yg baru2 ya �� pingin ikut kontesnya deh siapa tau rejeki menang ya bisa mampir changi otw ke Korea jd sekalian lihat2 bandaranya deh ������

Claude C Kenni said...

Changi ini adalah salah satu airport paling keren yang pernah saya kunjungi. Btw Terminal 3 Soekarno Hatta juga bagus lho, ada potensi bisa jadi sekeren Changi Airport.

NiaNastiti said...

Mba Witha kinclong selalu, hehe. Aku belum pernah nih ke Changi setelah berubah dan bahkan ada cinemanya. Jadi pengen ke sono juga :)

Amallia Sarah said...

Aku juga suka Changi Airport mbak, lengkap dan original produk-produk nya. Sygnya di Indonesia belum ada Airport yang seperti itu.