Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, November 19, 2014

Female Daily Blogger Conference. Becoming a successful blogger. Do you have what it takes?

Nah, sebagai new blogger, sebagaimana pernah saya tuliskan alasan-alasan kenapa sih jadi blogger disini, tentunya masih banyak hal-hal yang perlu di pelajari supaya blog saya ini "laku". Wah, lagi-lagi pucuk dicinta ulam pun tiba. Female Daily sebagai website and forum favorite saya mengadakan event Female Daily Blogger Conference berlokasi di ArtOtel Thamrin. 

The event's advertisement
Sesi Pertama. Learning from the pros, dengan tema "Making Money from Blogging". Pembicaranya adalah para bloggers hitz yaitu Hanifa Ambadar, readers female daily pasti tahu dong Mba Hany adalah CEO Female Daily Network. Lalu ada mommies blogger, a hijabi and owner fashion line Casa Elana, Fifi Alvianto. Next, ada Marischka Prudence, ex penyiar Metro TV yang sekarang sukses menjadi travel blogger and the last but not least Saphira Zoelfikar dengan travel blog nya www.indohoy.com. MC nya sendiri adalah Miund, penyiar yang tulisan-tulisan nya suka membuat saya ketawa-ketiwi sendiri pas bacanya.

Wah saya semangat banget dengan topic nya making money from blogging. Berikut rangkuman tips-tips dari para pros yang nyangkut di otak saya :)

1. Konsisten menulis posting. Deziggg. Langsung tertohok tepat sasaran. Gimana tidak tertohok, posting ini contohnya, event nya tanggal 20 September dan baru sekarang di posting. Hehehe. No excuse ya. Di ibaratkan blog kamu adalah toko, jika customer datang ke sebuah toko baju , tapi baju yang dijual sama, itu-itu saja, pasti akan bosan, awalnya masih akan datang lagi, tapi kedua kali masih sama, kemungkinan besar tidak akan kembali lagi. Begitupun dengan nasib blog kamu. The point is, consistency is a must.

2. Tulis yang kamu sukai, atau kamu rasa akan disukai orang untuk dibaca. Nah, ini kadang bloggers suka menulis hal-hal yang kurang penting, istilah nya "nyampah". Marah-marah saja, curhat colongan. Yah, walau bisa kita bilang "inikan blog gw". Tapi usahakan dihindari dan tulislah konten yang bermanfaat bagi pembacanya. Sehingga "branding" dari blog kamu keren ! (saya bingung menggunakan kata apa). Tulis yang kamu sukai walau kadang ada rasa tidak enak membuka diri, seperti aduh nanti dibaca mertua nih. Ya tidak usah khawatir, apa adanya saja. :)

3. Put your page views number/statistics. Wah, ini looks simple, but affected so much. Dengan menunjukan jumlah page views, menunjukan juga seberapa laku blog kamu. Makin tinggi page views akan meng- attract para advertisers untuk mengiklankan produk di blog kamu. Also the money comes in. Yayy! Setelah pulang saya langsung buka bloggers, edit template, insert page views numbers. hahaha..

4. Should we use english ? Tentukan target readers kamu siapa? Kalau kita indonesian bloggers dan target readers kamupun indonesian, tidak perlu berbahasa inggris. Apalagi kalau sampai "memaksakan" lalu ternyata grammar nya salah-salah. Lain hal nya jika kamu ingin blog kamu dibaca international people, dan kamu merasa tidak kesulitan yah silahkan saja.

5. Fokuslah pada 1 topic. Fokuslah untuk menjadikan blog kamu menjadi satu topic khusus, misalkan travel blogger saja, fashion blogger saja, beauty blogger, food blogger saja. Nah, untuk yang satu ini saya masing agak berat yah, karena aktifitas diri saja pun tidak spesifik. Kadang traveling, sehari-hari juga mengerjakan bisnis, datang ke event-event, atau makan-makan juga. Jadinya saat ini saya memutuskan topic dari blog ini adalah lifestyle. Jadi saya adalah lifestyle blogger. ;)

6. Keep your originality. Never copy paste. Tulislah apapun dari daya fikirmu sendiri, jangan pernah meng copy paste tulisan orang lain. Karena jika suatu hari nanti kamu bisa sukses dengan tulisan hasil copy paste mu itu, itu akan menjadi bumerang untuk kamu sendiri. Nah, lalu gimana kalau kebalikannya tulisan atau foto kita yang di copy-paste? emosi? kesel? keki? itu pasti, tapi tak mengapa sayang, itu tandanya kamu sudah sukses. Berarti hasil tulisan atau foto kamu itu keren sampai ada yang copy paste. Mantap khan. :)

7. Usahakan membuat konten posting kita singkat. Maksudnya disini adalah usahakan dalam membuat tulisan singkat saja. Jika memerlukan menjadi panjang buatlah misalnya : Part 1, Part 2. Hal ini dikarenakan sifat / dasar kemampuan manusia pada umumnya fokus di awal saja, kemudian jika sudah terlalu panjang akan cenderung men-skip text berikutnya karena ingin segera selesai membaca. Maka dari itu jika kita lihat penulisan konten di majalah, atau di female daily, atau di detik.com umumnya pendek-pendek khan? Lalu nanti ada bagian "Baca juga" atau "artikel terkait" untuk di klik sebagai lanjutan dari posting sebelumnya, begitu.

8. Apa penghasilan dari blogging bisa menyamai atau sudah lebih dari penghasilan bekerja? Wah, pertanyaan ini diajukan oleh mas-mas, mantan wartawan majalah Hai. Mungkin banyak yang pengen tahu, tapi biasa wanita-wanita mungkin suka merasa tidak enak, takut dibilang kepo. Hehehe. Bervariasi ya pasti. Sebagai CEO Female Daily Network, mba Hany pasti lebih bangett dong, kalau Fifi dan Pru bilang iya sudah lebih, kalau saphira bilang belum menyamai, tapi sekarang jauh lebih happy, karena mengerjakan apa yang disukai sesuai dengan passion.

Setelah sesi pertama, peserta conference dipersilahkan untuk makan siang. Nah disini saya berkenalan dengan sesama bloggers yang lain, ngobrol ngobrol seru. Saling bertukar name card. Ada yang cerita aduh blog aku sih masih blog abal-abal, ada juga yang sudah exist dengan page views ratusan ribu bahkan jutaan. :)
can u find me among the crowds? Photo from IG: @femaledailynetwork
the speakers from right to left : Miund, Saphira, Fifi, Pru, Mba Hany

Sesi Kedua. Building Relationship and Creating Partnership. Pembicara di sesi kedua ini adalah Emily Quak dan Simon Torring dari Luxola.com. Disesi ini Emily dan Simon menshare bagaimana menciptakan relasi yang menguntungkan antara para bloggers dan para advertisers seperti Luxola misalnya. 

Apa yang dicari Luxola dari seorang blogger?
1. Kepribadian dan citra yang baik dari sang blogger (jadi ingat poin no.2 diatas khan?)
2. Blog traffic, jumlah viewers yang tinggi (ingat poin no.3 diatas khan?)
3. Dari blog traffic yang tinggi, dilihat lagi apakah jumlah yang tinggi itu sesuai dengan negara tempat target market kamu? Maksudnya disini adalah jika Luxola ingin membidik pasar di Indonesia, melalui emily, ternyata readers blog emily mayoritas di singapore , itu automatis tidak tepat sasaran khan.

Lalu bagaimana untuk seorang bloggers yang terpilih menjalin relasi dengan sebuah brand? Emily berujar, kita tetap harus mengutamakan kejujuran. Jika memang produk yang bagus kita wajib mempromosikan dalam blog kita, jika tidak , tidak apa kita tuliskan kekurangannya. Tentunya, disampaikan dengan bahasa yang baik juga ya. :)
me on the instagram ;)
Sesi Ketiga. Learning blog analytics with google. Speaker dari google adalah ricky tjok, lulusan teknik industri UI ini (doi sendiri yang share), menjelaskan tentang apa sih google analytics itu? Basically, mirip dengan statistics di blogger yang sudah ada yah. Hanya ini lebih detail. Kita bisa tahu hingga berapa lama seorang reader masuk di blog kita hingga akhirnya menutup kembali blog kita. Jenis kelamin reader apa, hingga topik apa yang disukai atau dicari readers hingga tiba di blog kita.
Suka deh dengan interior ArtOtel ^_^

Goodie bag from the event : lots of freebies ^_^

Baiklah female daily, keep on going, creating useful event like this yaa.. don't forget to invite me ;)

No comments:

Post a Comment

Hi! share your stories here