Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, December 7, 2016

Hobimu, Hobiku, Inspirasi bagi Sekeliling Kita

Assalamualaikum dear friends?
Apa kabar?  Semoga sehat selalu ya ? ^_^

Kali ini saya ingin bicara mengenai hobby atau hobi. Bicara tentang hobi saya jadi ingat quotes dibawah ini :


Quotes diatas menyarankan untuk menemukan tiga hobi yang kita sukai, dimana hobi tersebut dapat :
1. Menghasilkan uang atau penghasilan
2. Menjaga tubuh kita tetap prima
3. Meningkatkan kreatifitas
Tentunya jika kita bisa mendapatkan tiga poin diatas dari 1 hobi tentu akan sangat menyenangkan ya?

Apa sih hobi itu? Dari wikipedia saya mendapatkan informasi bahwa hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Dan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi (n) adalah kegemaran ; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.



Definisi Hobi dilihat dari keduanya menggarisbawahi waktu luang/waktu senggang, dimana Hobi hanya dilakukan pada waktu senggang. Ya  memang benar bahwa hobi umumnya dilakukan pada waktu  senggang, misalkan hobi  belanja atau hobi menonton film di bioskop. Tentu hal ini hanya dapat dilakukan pada waktu senggang disaat tidak bekerja. Hobi yang merupakan "Hobi sebenarnya" ini tentunya menyita waktu dan uang, namun menjalankan hobi juga penting untuk dilakukan sebagai sarana relaksasi dari kepenatan aktifitas sehari-hari.

Namun, saat  ini juga banyak orang yang awalnya berangkat dari Hobi akhirnya dapat menjadikan atau secara tidak sengaja, hobi yang dilakukannya menjadi profesi dan memperoleh penghasilan. Sebagai contoh Indonesian Beauty Vlogger seperti Linda Kayhz, Suhay Salim, dan lainnya, awalnya memiliki Hobi membuat video make up tutorial yang di post di youtube. Mereka menggunakan beberapa produk yang awalnya mereka beli lalu mereka videokan sendiri. Dan kini, betapa banyaknya brand yang "rela" membayar jasa mereka untuk mereview dan membuat  video atas produk brand tersebut.

Pun ada fenomena selebgram. Saat ini banyak selebgram dengan followers ratusan ribu hingga jutaan yang awalnya "bukan siapa-siapa", dari memiliki Hobi difoto dan memiliki feeds instagram yang kece dan kreatif, bertransformasi menjadi influencer untuk berbagai brand hingga onlineshop yang bersemangat meminta dan membayar para selebgram ini untuk mempromosikan produk brand mereka. Kedua contoh ini adalah Hobi yang kemudian menjadi profesi dan memperoleh penghasilan. Bukan lagi hanya dilakukan di waktu luang.

Bagaimana dengan saya ? :)
Di era digital yang makin mendominasi, tidak hanya selebgram saja yang mencicipi hobi yang menghasilkan. Saya melalui Blog rj-story.com inipun terciprat nikmatnya menulis yang menghasilkan. Alhamdulillah, beberapa kali menerima tambahan "uang jajan".

Tentunya, tawaran review tidak serta merta saya terima, saya tetap memperhatikan beberapa hal utama misalkan saya memilih produk yang wajib halal. Keleluasaan untuk menulis dengan jujur juga tetap diutarakan dalam memberikan review produk.

Awalnya, tujuan dari menulis pada blog ini adalah untuk sharing/berbagi pengalaman traveling saya, karena biasanya jika ingin traveling, sayapun mencari melalui review para travel blogger. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu Blog  ini terisi dengan  beragam tulisan yang (semoga) dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membaca. ^_^

Selain Hobi menulis di Blog, mari mundur ke tahun 2011. Saat itu saya resmi resign dari BUMN di Jakarta tempat saya berkerja. Saya ingin fokus ke dua usaha saya yaitu outlet kebab dan jasa pencucian kendaraan bernama CIMOB - Mobile Car Wash. Selain itu ingin "istirahat" dulu, salah satu ikhtiar saya dan suami untuk memperoleh keturunan. Setelah menjalani kedua usaha ini, ternyata saya masih memiliki waktu luang, karena usaha sudah berjalan dengan bantuan karyawan. Saat itu blog ini sudah ada, tapi semangat menulis saya masih jarang-jarang. He-he-he.



Dari passion saya dibidang Fashion, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti kursus menjahit di Tatiana Vidi. Setelah itu saya melanjutkan ke  Fashion Design Course di ESMOD Jakarta. Saya menemukan Hobi baru saya ini sebagai hal yang menyenangkan. Terutama jika hasil karya saya disukai oleh yang memakai. Seperti ada rasa kepuasaan tersendiri. Keluarga terdekat tentunya menjadi pelanggan pertama yang mengenakan pakaian yang saya jahit sendiri. Suami, Kakak, Ibunda. Senyum manis mereka mengenakan karya saya saat itu makin menambah semangat saya untuk berkarya. Walaupun saat itu hasil jahitan saya pasti belum rapih-rapih banget, tapi keluarga selalu memberikan support dan saran yang membangun. ^_^

Alhamdulillah, akhirnya saya memantapkan diri membuat modest clothing line sendiri bernama : RJ by Roswitha. Saat melakukan design, umumnya designer menggunakan beberapa alat, seperti pensil, penggaris, pulpen hingga spidol. Spidol wajib yang biasa digunakan designer adalah spidol Copic. Spidol  copic ini berbeda dengan spidol biasa karena hasilnya yang lebih halus. Harganya pun lumayan, lebih mahal dari spidol biasa. ^_^ Saat sedang mendesign dirumah dan copic  habis kadang bisa membuat konsentrasi dan kreatifitas mendadak mandek. Mau keluar rumah untuk ke toko buku malas juga sama macet, akhirnya untung bisa belanja Copic di BukaLapak. Saya dapat menemukan pilihan copic satuan maupun yang sudah terpaket beberapa warna dengan harga bersaing. Cukup duduk manis dan si copic datang kerumah.


Bukalapak.com mobile view


my sketch using Copic from Bukalapak

Copic skintone from Bukalapak


Membesarkan clothing line sendiri  tidaklah mudah. Diperlukan proses  yang panjang untuk menghasilkan sebuah koleksi. Dan diperlukan kejelian tersendiri untuk mampu membuat produk yang "best selling'. Mengikuti trend tentunya wajib. Tetapi mengikuti trend namun tetap  in line dengan karakteristik brand itu adalah hal yang sulit. Kerja keras terbayar saat menerima testimonials yang baik dari customer. Apalagi jika seorang customer menjadi Loyal Customer. Itu merupakan hal yang istimewa.


Berikut beberapa hal yang saya temukan bermanfaat dan menginspirasi dari melakukan Hobi saya dalam bidang fashion ini , yaitu :
1. Membuka lapangan pekerjaan dan memberikan penghasilan bagi para penjahit, maupun pihak lain yang berada dalam rantai bisnis ini.
2. Mendukung Indonesia menjadi kiblat modest and moslem fashion di dunia.
3. Turut serta mengembangkan perekonomian Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai produk lokal Indonesia yang berkualitas dan unik, tentunya akan makin meningkatkan kredibilitas bangsa di mata internasional. Sebagai contoh adalah berbagai produk made in Indonesia yang ada di Hijup.com yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan produk negara lain.

Hijup.com mobile view


another sketch of mine

Alhamdulillah, saya menemukan dan menjalankan dua Hobi saya yaitu Blogging dan Fashion Design menjadi pekerjaan dan penghasilan saya sekaligus mengasah saya untuk terus kreatif. Kalau kamu bagaimana? Yuk share hobi kamu yang tentunya  menginspirasi, di komen ya?!

Thank you for reading
Salam



4 comments:

  1. Kak witaaa gambar sketch nya lucu-lucu banget kalo udah jadi baju pasti kece-kece.
    Seneng yaa kalo hobi nya bisa menghasilkan uang juga nyiptain lapangan kerja kayak kak wita gini.

    ReplyDelete
  2. WIItha sketch nya bagus skaliiiii... Gemas aku liatnya.

    ReplyDelete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.