Pages

Wednesday, August 27, 2014

Membuat Passport Online

Assalamualaikum ? Bonjour ?

Ini ke empat kalinya saya membuat Passport. Dulu sewaktu gencar gencarnya otonomi daerah, saya pernah harus buat passport sampai di Karawang. Jauh banget ke karawang jadi saya mau 1 hari jadi, mau ga mau pakai special rate deh ( u know what i mean). Namapun beda di akte pakai y di ktp pake i, nambah lagi tariff nya. Hadeeehh..rempong banget. 

Nah, kali ini buat baru / perpanjang passport sudah bisa online dan katanya lebih mudah dan cepat. Ok, let's try! Post saya ini untuk yang akan perpanjang passport ya.

1. Buka website imigrasi disini. Pilih pra permohonan personal ya. Isi semua data yang diminta. Akan ada link dikirim ke email kita untuk di klik untuk melanjutkan proses berikutnya dan ada Bukti Pengantar ke Bank. Surat ini di print dan dibawa ke Bank B*I untuk melakukan pembayaran. Biaya perpanjang passport adalah sebesar IDR.355.000 plus IDR.5000 untuk biaya administrasi. Cukup berikan surat ini ke teller, kita tidak perlu tulis lembar setoran bank dsb. Akan diberikan bukti pembayaran 2 lembar. 1 untuk diberikan saat memasukkan aplikasi langsung bersamaan dengan copy ktp dll, 1 lagi disimpan untuk pengambilan passport jika sudah jadi. Oya biaya passport berbeda-beda ya, jika passport hilang tarif nya lebih mahal kurang lebih IDR 600.000.

2. Setelah dari Bank , buka kembali email klik link yang sudah dikirimkan kita bisa lihat bahwa Permohonan kita sudah dibayarkan, lalu input no.jurnal yang ada di bukti pembayaran dari Bank. Lalu ada pilihan secara online waktu yang tersedia untuk datang ke kantor imigrasi untuk proses selanjutnya.Saya memilih hari Kamis. Waktunya adalah pukul 08.00-14.00. Akan ada Tanda Terima Permohonan. Diingatkan untuk tidak memakai baju putih, membawa dokumen lengkap dan proses harus dilanjutkan maksimal 7 hari. Jika lebih dari itu permohonan ini akan batal dengan sendirinya.
3. Hari Kamis saya datang ke kantor imigrasi Jakarta Timur. Dokumen yang diperlukan antara lain : 
a. Asli dan Copy KTP 1 lembar (ini penting, copy ktp di kertas A4, tidak perlu digunting jadi kecil ya)
b. Asli dan Copy KK 1 lembar
c. Asli dan Copy Akte Kelahiran / Ijazah / Surat Nikah (pilih salah satu saja)
d. Tanda Terima Permohonan
e. Bukti pembayaran ( simpan 1 untuk ambil passport nanti )
f. Materai 6000 untuk mengisi surat pernyataan. 
g. Asli dan Copy Passport lama 1 lembar

Saya datang pukul 10.00 dan karena harus 2 kali bolak balik naik turun ke lt.2 untuk fotocopy KTP di kertas A4 karena copy yang saya siapkan kecil seukuran KTP asli dan beli materai 6000, jadi saya mulai antri di antrian online pukul 10.30. Loket untuk antrian online hanya 1 jadi pelayanan masih lambat. Saya menunggu sampai pukul 14.00. Loket tutup untuk istirahat dari pukul 12.00-13.00. Jadi 2,5jam saya menunggu hingga bisa drop dokumen. Yang kita berikan cukup copy KTP,KK, Akte Lahir saja ya, kecuali passport asli yang lama diambil dahulu nanti akan bisa kita ambil lagi.

ruang tunggu antri foto dan interview
3. Setelah dicek semua dokumen lengkap, kita melanjutkan kembali antri untuk Foto dan Wawancara. Hadeuh antri lagi, mabokkk. Antri foto dan scan sidik jari lancar. Sewaktu antri wawancara kok lama lagi. Yang antrian dibelakang saya sudah dipanggil lebih dulu, saya ko belum ya. Ternyata dokumen saya di tumpuk di antrian interviewer yang lebih detail, banyak pertanyaan, jadi lama deh. Akhirnya saya dipanggil , 

Interviewer : "mau kemana Bu?"
Saya : "In sya ALLAH mau umrah Pak". (amiin aja ya hehe, padahal perpanjang aja dulu passportnya belum tau mau kemana)
Interviewer :   "Wah, saya juga pengen umrah Bu"
Saya : "Amiin Pak"   
Interviewer : "Udah nikah Bu ? Kok KK nya masih gabung sama orangtua Bu?"
Saya : "Baru nikah Pak" padahal sudah 5 tahun hehehe
Interviewer : "wah ibu sudah jalan-jalan kemana-mana ya?" liat passport lama ada visa schengen, saudi, qatar dll
Saya : "...hmmm biasa aja Pak.." hehehe bingung jawab apa
Interviewer : "dicek data nya ya semua ya Bu, sudah benar belum" nyodorin monitor pc.
Saya : cek cek.. "Sudah Ok semua Pak" ya iya itu khan kita sendiri yang isi online dari rumah.
Saya : "Kapan selesai nya Pak?"
Interviewer : "Selasa Bu." sekarang kamis.
Saya "oh saya kira sehari jadi Pak" ternyata tidak. 

Alhamdulillah pas saya, si Bapak ga banyak tanya-tanya dan proses nya lancar semua, cuma mesti sabar saja antri nya. Sampai di imigrasi Pukul 10.00 selesai interview Pukul 16.20. Hadeuhhh mabook. Tapi sebagai warga negara yang baik kita wajib disiplin mengikuti prosedur yang ada dan tidak menggunakan "jalur cepat" agar sistem makin membaik dan korupsi bisa ditumpas secara total.

4. Hari selasa datang kembali ke imigrasi dengan membawa bukti pembayaran Bank. Passport baru sudah jadi. :) Untuk ambil passport lama, isi surat pernyataan bahwa passport lama diminta kembali untuk proses pembuatan visa. Alhamdulillah sudah jadi passport barunya, siap berangkaat!! #belumtaukemana :)
passport baru n passpart case dari h&m ,murah cuma 70ribu :)


Wednesday, August 20, 2014

Pengalaman Ibadah Umrah

Assalamualaikum? 

Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah dalam ISLAM. Hampir mirip dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah, khususnya di Masjidil Haram.

Umrah berarti melaksanakan Tawaf di Ka'bah dan Sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari Miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.

Kami berniat ingin sekali bisa melakukan ibadah haji sesegera mungkin. Sayangnya keterbatasan kuota sekarang (thn 2014)untuk ONH biasa mesti menunggu sampai 12tahun, dan untuk ONH Plus menunggu 4-5thn, bahkan ada yang lebih. Ya ALLAH, In sya ALLAH masih diberikan umur dan panggilan dariMU untuk bisa berhaji. Aamiin. 

Jadi,sebagai niat untuk beribadah sambil menunggu waktu untuk berhaji, saya dan suami berniat untuk melaksanakan ibadah umrah. Alhamdulillah, Ibunda saya, ketika saya ceritakan rencana kami ini, beliau pun ingin ikut serta juga. Sekaligus menemani saya, karena sebelum almarhum ayahanda saya berpulang ke surga ALLAH (aamiin), beliau pernah berpesan, "temani ploy (panggilan sayang saya) kalau dia ingin umrah ya?". Ibundapun ingin mengajak Kakak Laki-laki saya untuk ikut serta. Supaya pas ber empat. 
Alhamdulillah, saya,suami, Ibu dan Kakak Laki-laki saya diberikan kesempatan oleh ALLAH SWT untuk melaksanakan ibadah umrah pada bulan Februari 2013 lalu. Untuk perjalanan umrah ini kami memilih untuk menggunakan jasa Tazkia travel. Alhamdulillah, Travel ini sudah 7x dipercaya oleh Ibunda saya untuk ibadahnya, baik Haji dan Umrah. Jadi kami (suami,kakak, dan saya) ikut saja, tidak berani juga sok tau minta lewat travel lain saja walau mungkin banyak yang lebih murah.
Ongkos umrah melalui Tazkia di Februari 2013 adalah USD2,150 untuk kamar 4orang. Tarif sebenarnya USD2,200 karena Ibu saya alumni Tazkia, jadi kami, Alhamdulillah diberikan discount USD50 per orang. Standard Hotel *5. Di Madinah kami menginap di Hotel Movenpick dan di Makkah kami menginap di Sofwa Tower, Dar Al Ghufran.
Kamar di Movenpick Hotel Madinah, 4 beds

Persiapan untuk umrah nya sendiri selain pakaian, kami juga mengikuti manasik yang diselenggarakan pihak travel. Alhamdulillah, selain tata cara berumrah, pada saat manasik kami  juga diberikan banyak nasihat dan arahan perihal esensi dari ibadah haji dan umrah kepada kehidupan. Yang jika memang diterapkan dengan benar di kehidupan mestinya tidak ada lagi yang korupsi, berbuat maksiat,bunuh diri dsb. Sampai diperlihatkan video kehidupan di kubur. Kita sendirian hanya ditemani amalan kita selama hidup. Astaghfirullah, Ampunilah dosa-dosaku YA ALLAH. 
Ada juga cerita untuk mengingatkan kita calon jamaah, banyak yang sudah sibuk berfoto-foto di bandara, pamer, mau umrah nih, sampai di Medinah atau Mekkah, ternyata pesanan kamar tidak ada. Sehingga mesti menunggu berjam-jam sampai akhirnya bisa masuk kamar untuk bersih-bersih dan istirahat. Naudzubillah. Banyak sekali nasihat-nasihat yang diberikan kepada kami calon jamaah yang in sya ALLAH berguna tidak hanya untuk ibadah Umrah maupun untuk kehidupan sehari-hari. Alhamdulillah.  

Selain itu calon jamaah juga wajib suntik meningitis dan akan diberikan buku bukti suntik oleh Dokter. I want to make a little confession here,hehehe..saya tidak suntik karena baru saja sembuh dari Chikungunya. Karena kalau di vaksin tubuh kita semestinya dalam kondisi vit. Daripada khawatir saya memilih untuk tidak suntik. Tapi Alhamdulillah saya bisa dapat buku kuningnya. ^_^

Day 1. Tiba di hari keberangkatan kami berkumpul di Bandara Soekarno Hatta. Setelah drop bagasi dan passport untuk diurus pihak travel, kami kembali diberikan arahan, nah asiknya travel ini, kita diberikan arahan di hotel Transit (yang baru saya tau kalau lumayan bagus ya). Dan ada catering dari hotel, lengkap dengan kue-kue, coffee dan tea. Shalat ashar di kamar hotel yang bersih. Alhamdulillah. Ini menyenangkan untuk saya, karena saya biasa lihat kalau umrah travel lain ya tunggu saja di bandara. Duduk-duduk di tempat biasa padahal tarif nya juga sama saja dengan travel ini. Alhamdulillah, penerbangan lancar, kami shalat maghrib dan isya di pesawat dengan ber tayamum. 

Jeddah. Setiba nya di jeddah, melalui proses imigrasi. Pada saat antri imigrasi untuk wanita berumur 50th kebawah wajib ada Mahram. Bisa suami, ayah, kakak/adik laki2, atau sesama rombongan yang penting laki-laki. Jadi semacam penanggung jawab selama wanita tsb berada di saudi arabia. Jadi harus hati-hati ya kalau mahram kita pulang lebih dahulu, kita tidak bisa pulang atau kalau mahram kita belum pulang kita tidak bisa pulang lebih dulu. Jadi, suami saya antri lebih dahulu, sesudah nya saya antri dibelakangnya. 

Setelah proses imigrasi selesai kami dijemput oleh pihak travel dan menaiki bus sesuai nomor bus yang sudah dibagikan di Jakarta. Di bus, kami dibagikan nasi box ayam goreng, porsi nya besar sekali. Saya terbiasa dididik oleh Alm.ayah saya untuk selalu menghabiskan makanan yang kita peroleh. Jadi walau porsi nya besar tetap dipaksakan juga untuk dihabiskan. hehehe.. makanya ndut :). Karena selama di pesawat saya tidak bisa tidur sama sekali, alhasil ngantukk banget dalam perjalanan jeddah ke madinah.

Day 2. Madinah. Alhamdulillah tiba selamat di Madinah, sayang shalat subuh berjamaah di Masjid Nabawi baru saja selesai. Dan kami masih harus check in di Hotel Movenpick dulu. Jadi kami shalat subuh di Hotel, sekaligus bersih-bersih dan beristirahat sejenak. In sya ALLAH kami akan shalat dzuhur, maghrib dan isya di Masjid Nabawi. Subhanallah, indahnya Masjid Nabawi. Masjid Nabawi adalah Masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sekaligus menjadi makam bagi beliau dan sahabat-sahabatnya. Setelah shalat isya pukul 9Malam, kami rombongan wanita akan dibimbing oleh Muthayibah untuk ziarah ke Raudhah. 

Raudhah adalah tempat di Masjid Nabawi yang terletak antara mimbar Nabi Muhammad SAW dengan kamar(rumah) beliau. Sebagaimana sabda Rasulullah : "Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman-taman surga". Para ahli hadist menafsirkan taman surga sebagai tempat ALLAH SWT menurunkan rahmat dan kebahagiaanNya karena dilakukan zikir dan memuja kepada ALAH SWT. Maka dari itu, banyak jamaah yang berada di Madinah akan menyempatkan shalat sunnah dan berdoa di Raudhah.Berbeda dengan pria, para wanita tidak bisa setiap saat ziarah ke Raudhah.Ada waktu-waktu tertentu untuk berziarah. Karena banyak sekali jamaah maka untuk bisa shalat dan berdoa di Raudhah harus sabar mengantri, sembari terus berdzikir dan bersalawat kepada ALLAH SWT dan Nabi Muhammad SAW. Biasanya dibagi tiap negara-negara. Jadi jamaah Indonesia, Turki dan negara lain masing-masing berkumpul. Alhamdulillah saya dapat 2x Shalat sunnah di Raudhah.   
 
Mom, husband and I






Day 3.Kegiatan hari ini adalah ziarah ke Masjid Quba, Jabal Uhud dan mengunjungi pasar kurma. Masjid Quba adalah Masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : Barang siapa bersuci (wudhu) di rumah lalu datang ke Masjid Quba dan shalat 2 rakaat di dalamnya maka baginya seperti pahala umrah. 
(HR ahmad dan Nasa'i). 

Diriwayatkan adanya hadist ini adalah karena dahulu penduduk Madinah merasa "iri" kepada penduduk Makkah yang bisa setiap saat ber umrah. Maka Nabi Muhammad SAW bersabda seperti itu. Tetapi bukan berarti tidak perlu berumrah ya, hanya dengan shalat sunnah di masjid Quba memperoleh pahala yang sama dengan pahala umrah. ALLAH SWT Maha Mengetahui segala sesuatu. 

Setelah Shalat di Masjid Quba, kami berziarah ke Jabal Uhud.Ukuran jabal uhud ini tidak terlalu besar, namun warnanya merah tidak seperti gunung-gunung pada umumnya. Dikatakan bahwa Jabal Uhud adalah salah satu gunung yang akan ada di surga nanti. Wallahu a'lam.Setelah itu kami mengunjungi kebun kurma dan sekaligus belanja kurma. Saat itu, bulan februari 2013 cuaca di Madinah dingin dan kebun kurma sedang tidak berbuah. Tapi jangan khawatir stock kurma tetap banyak. :) Sepulangnya dari berziarah kembali melanjutkan beribadah sebanyak-banyaknya di Masjid Nabawi. Subhanallah, cuaca di Madinah sangat sejuk, apalagi setiap Shalat selesai, kubah-kubah Masjid Nabawi dibuka, dari dalam Masjid saya bisa langsung melihat langit yang biru dan merasakan angin sepoi-sepoi. Alhamdulillah, aduh kangennya..pengen kesana lagi..



Jabal Uhud with my brother


Day 4. Pagi hari nya kami mengunjungi museum Masjid Nabawi dan sejarah kota Madinah. Melaksanakan Shalat Dzuhur di Masjid Nabawi makan siang lalu mandi untuk persiapan Ihram. Dan check out. Kami akan ke Makkah dengan menggunakan bus, singgah di Masjid Bir Ali untuk miqat dan niat umrah. Sesampainya di Bir Ali, kami shalat sunah 2 rakaat dan berniat umrah. 

Perjalanan kami sempat tertunda selama 1 jam karena ada satu orang jamaah yang hilang. Astaghfirullah. Ternyata jamaah tsb tidak bisa menemukan bus kami. Dan keluarga yang mencarinya pun tidak bertemu dengannya. Sampai akhirnya jamaah tsb naik ke bis, gantian saudara yang mencari nya yang tidak ketemu. Kasihan sekali muthayib kami, bolak balik mencari keduanya. Alhamdulillah, akhirnya saudara yang hilang ditemukan muthayib. Dan semua jamaah lengkap ada di Bus. Bismillah, kami berangkat menuju Makkah untuk umrah. 

Pukul 11 Malam, Kami tiba di Makkah. Check in di Hotel Dar Al Ghufran. Lalu segera ke Masjidil Haram untuk Umrah. Memasuki Masjidil Haram, Subhanallah, air mata ini mengalir dengan sendiri bisa menyaksikan Ka'Bah untuk pertama kali secara langsung. Ada perasaan yang tidak bisa dikatakan. Kami melaksanakan tawaf, sa'i, dan ber tahalul.Pukul setengah 4 pagi kami selesai melaksanakan Umrah pertama kami. 





Day 5. Hari ini kami akan berziarah ke Hudaibiyah, minum susu unta fresh from the oven :) dan ke museum Makkah. Alhamdulillah, kami berkesempatan mengunjungi museum ini, karena rombongan yang lain tidak diizinkan. Pengunjung museum ini sangat dibatasi jumlahnya. Museum ini berisi kiswah (penutup ka'bah) lama, pintu ka'bah, cangkang Hajar Aswad yang lama dll. Ada pengalaman saat membeli susu unta, kami membeli 5 botol susu seharga @5riyal jadi totalnya 25riyal, suami saya berikan uang 30riyal dan kembalinya disimpan saja. Mereka tidak mau, ngotot kami harus terima kembalian 5riyal tsb. Penduduk hubaibiyah memang dikenal sebagai penduduk yang amat sederhana. Sepulangnya dari ziarah hudaibiyah, kami kembali ke Makkah untuk memperbanyak ibadah di Masjidil Haram.

Foto bersama onta favorite


Minum susu unta supaya sehat :) maaf belum tau kalau ga boleh minum berdiri ;(


Museum Ka'Bah

Day 6. Hari ini kami berziarah ke tempat-tempat bersejarah di kota Makkah antara lain : Jabar Nur, Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Arafah, Muzdalifah, Mina, diakhiri dengan ke Masjid Jironah untuk miqat Umrah. Umrah kedua ini boleh diniatkan untuk orang lain. 






Us at Jabal Rahmah


Day 7. Hari ini kami akan kembali ke Jeddah untuk melanjutkan perjalanan mengunjungi kakak kami di Qatar. Dikarenakan waktu penerbangan yang mepet sehingga kami tidak sempat untuk city tour ke laut merah, masjid terapung dll. Tidak apa, In sya ALLAH semoga ada kesempatan lain. 

Pada saat melaksanakan tawaf wada (tawaf perpisahan) ternyata sedih sekali yaa..Serasa ga mau pulang, nangis bombay. Selama ibadah di Makkah maupun Madinah amat berkesan. Disini semua dilakukan hanya untuk beribadah. Kita semua kompak, shalat on time berjamaah, semua toko tutup di waktu Shalat. Sungguh, Alhamdulillah, nikmatnya menjadi muslimah. Ya ALLAH Izinkanlah hamba untuk kembali datang dan beribadah di rumahMu.Aamiin 


Thank you for reading
Salam





































































Tuesday, August 19, 2014

Resep Risol Mayonaise

Assalamualaikum ! Bonjour !

Apa kabar readers ? In sya Allah sehat-sehat semua ya? Amiin.
Jadi bulan puasa lalu seperti biasa ada acara buka puasa bersama keluarga dan kita selalu bagi-bagi tugas untuk bawa makanan masing-masing. Aku seperti tahun-tahun sebelumnya selalu kebagian bawa snacks. Jadi bawa apa ya? oke kalau gitu aku akan bawa soes, pudding dan risol mayonaise. Pesannya ke teman sekolah aku dulu di SMP yang sekarang usaha catering kue-kue Agita. Tanya-tanya harga risol mayonaise nya kok lumayan mahal ya..hehehe, IDR.6.000/pcs kalau pesan 100 jadi IDR.600ribu khan untuk risol nya saja. Baiklah kalau gitu aku pesan Soes dan Puddingnya saja. Untuk risol mayonaise nya mau aku coba buat sendiri. Resep nya sendiri aku dapat dari searching di google. Ini dia resepnya :

Bahan :
* 300 gram tepung terigu
* 100 gram smoked beef iris tipis
* 100 gram mayonaise
* 2 butir telur
* 2 sdt garam
* 3 sdm mentega cair
* Minyak goreng
* Tepung roti
* 3 butir telur rebus
* Air matang secukupnya

Langkah-langkah pembuatan :
  1. Anda harus membuat kulit terlebih dahulu. Caranya mudah. Campurkan tepung terigu, telur, garam, dan mentega cair dan air. Aduk semua sampai halus  merata. Pastikan air harus cukup supaya adonan bisa menjadi kulit yang tipis dan cepat kering.
  2. Panaskan wajan teflon kecil, olesi minyak. Tuang adonan kulit kira-kira setengah cangkir. Putar-putar wajan hingga adonan menutupi dasar wajan dengan rata. Tunggu hingga matang, angkat dan sisihkan.
  3. Ulangi terus sampai adonan habis dan dinginkan kulit risoles.
  4. Setelah kulit dingin, ambil selembar, masukkan telur rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, smoked beef dan mayonaise.
  5. Lipat kulit hingga semua isian tertutup.
  6. Celupkan adonan pada kocokan telur dan gulingkan pada tepung roti.
  7. Goreng dalam minyak panas sampai berubah warna.
  8. Angkat, tiriskan dan hidangkan dengan saos sambal dan saos tomat.
Tips :
Setelah membuat 1 lembar kulit risoles baiknya dicoba dulu 1 lembar kulit, masukkan telur rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, smoked beef dan mayonaise untuk mengecek apakah adonan sudah cukup tipis atau belum. Karena kalau masih terlalu tebal akan sulit dilipat. Apalagi jika kita suka risoles dengan isi yang banyak.

Ini dia hasil nya :)
Risoles mayonaise isi smoked beef, telur, n mayo

Alhamdulillah laku dan habis duluan, testimoni dari yang makan sih semua bilang enak! :)

Thursday, August 7, 2014

Lombok Trip

Assalamualaikum! Apa kabar nya hari ini?

Semoga sehat-sehat ya semua :)
Jadi setelah liburan idul fitri kemarin, aku dan suamiku yang baik hati :p menyempatkan diri untuk berlibur sejenak, melepas penat setelah urusan dengan pihak RSIA selesai. Kita berangkat tanggal 2 Agustus dan kembali tanggal 5 agustus 2014. Fikir-fikir kemana ya enaknya? Maunya di Indonesia saja soalnya cuti kantor suami cuma sebentar dan dana pun terbatas hihihi. Fikir-fikir ke Bali atau ke Lombok sajalah yang ada paket honeymoon nya gitu. Setelah pertimbangan lebih lanjut ya ke Lombok saja kalau begitu, saya khan belum pernah kesana soalnya. Kalau Bali, in sya Allah bisa kapan-kapan kalau sedang tidak peak season. 

Lalu, hotelnya dimana ya, iseng-iseng lah saya browsing Weddingku.com dan menemukan paket honeymoon menginap di Holiday Resort Lombok (dulunya Holiday Inn), di senggigi,  yang menurut saya sih jauh lebih murah daripada paket-paket honeymoon lain yang ditawarkan di weddingku dan untuk kamarnya sendiri juga bagus. Karena paket tersebut sudah termasuk ini :
  • 2 Night accommodation at Garden Chalet Room
  • Return airport transfer
  • Daily Buffet breakfast for 2 persons
  • Welcome drink upon arrival
  • 1x Romantic Dinner for 2 persons
  • 1x Romance Spa for 2 persons
  • Late Check Out until 16:00 wita (subject to availability)
  • Room Decoration
  • Honeymoon cake
  • 21% tax and service charge
Menurutku good deal, karena untuk sewa taksi pulang pergi bandara lombok ke hotel saja sudah bisa 500ribu sendiri lho, terus untuk dinner di hotel bisa 400ribu sendiri untuk berdua, belum pijatnya juga included. Jadi ya sudah, tidak usah pikir lama-lama, langsung kirim email ke weddingku.com untuk booking kamar. Karena paketnya untuk 2 malam, kita extend 1 malam. 

Next tiket pesawat, Cek Garuda dan Citylink mahal nya tiketnya, cek air asia, sayang tidak ada flight air asia direct dari Soekarno-Hatta ke Lombok. Saya terbiasa kalau cari lowcost airlines ke airasia dulu, bukannya karena tidak cinta produk dlm negeri ya, karena yang sudah-sudah selalu dpt tiket paling murah disini, dan airasia berangkat melalui terminal 3 di soekarno hatta airport yang masih baru jadi terasa bright dan bersih, mushalla nya juga, oya jarang delay juga. 
Yang masih available tiket dengan harga paling murah dari Lion Air. Karena sedang musim liburan Idul Fitri jadi memang semua harga tiket mahal jadi nya. Harga tiket CGK-LOP pulang pergi dengan Lion Air per orang 1,5juta dengan tambahan pajak dll jadi 1,7 juta perorang. Ya gpp deh maklum juga perginya mendadak dan pas peak season pula. :)

Day 1. Tiba hari keberangkatan dari rumah berangkat bawa mobil, parkir mobil di kantor suami dulu supaya gratis ;p #ngirit , dari kantor suami naik taksi ke airport. Oya saya dan suami sempat bingung ko ada biaya service charge lagi di gate menuju ruang tunggu, bukan saat check in. Kata suami saya, biasa naik Garuda tidak pernah ada. Biayanya 40ribu, di lombok juga ada biayanya 45ribu, kata kakak saya yang terbang dari Makasar biaya service charge 50ribu. Makin jauh makin mahal ya. Ternyata setelah suami saya cek, untuk Garuda tidak ada karena sudah termasuk di harga tiket pesawat. 


 Selfie di airport, dress saya jahit sendiri lho :)

Alhamdulillah, penerbangan lancar tapi delay 30 menit, boardingnya ontime, tapi terbangnya yang jadwalnya 10.30 jadi pukul 11.00. Alhasil, tiba di Lombok pun telat setengah jam. Penerbangan ditempuh dengan waktu 1jam 55menit. Tiba di Lombok Praya Airport kami sudah dijemput dari pihak hotel menggunakan Toyota Innova. Perjalanan dari airport ke Senggigi kurang lebih 1,5jam. Tidak macet. Sekilas saya langsung merasakan perbedaan Bali dan Lombok. Lombok itu masih lebih alami, pembangunan mulai menggeliat dan banyak sekali Masjid. Kata driver kami, Lombok itu negeri 1000 Masjid, 1000 Maling. Maksudnya gimana? , menurut dia budaya di Lombok itu jika ingin menikahi seorang wanita, sang pria harus menculik dulu sang wanita dari keluarga nya. Lalu sang wanita akan tinggal di rumah keluarga pria tsb. Lalu setelah diculik, barulah si pria itu datang ke keluarga wanita menyatakan kalau wanita tsb sudah ia culik dan dia akan menikahi wanita tsb. Dan menculik wanita itu juga bukan sekedar lucu-lucuan saja tetapi memang harus benar-benar layaknya maling, kalau ketahuan kata driver kami bisa digebukin juga. Unik juga ya, justru kalau seorang lelaki melamar perempuan dengan langsung meminang ke orang tuanya, justru orang tuanya akan tersinggung. Mungkin ada yang lebih tahu dengan detail ya soal hal ini, saya hanya menceritakan apa yang diceritakan driver hotel kami saja. :) CMIIW. 

Sampai di hotel sudah pukul 4 sore waktu Lombok, kami diberikan cold towel dan welcome drink. Panas-panas begini enak dikasi minuman dingin. Check in kamar, shalat, istirahat sejenak, lalu kami mulai keliling hotel, main di pantai senggigi di bagian hotel, menikmati sunset dan diakhiri dengan makan malam di hotel juga. 


Welcome drink yang segar
Lobby hotel dan penampakan tempat tidur didekorasi dengan bunga-bunga

Garden Chalet / kamar hotel dari depan
Saya duduk duduk menikmati sunset di senggigi

Day 2. Pagi ini rencananya kami akan pelabuhan bangsal, naik boat menuju ke Gili (Pulau) Trawangan.  Ada tiga Gili yang bisa dituju melalui pelabuhan bangsal, yaitu : Gili Air, Gili Menuk dan Gili Trawangan. Yang paling ramai, paling besar dan paling jauh adalah Gili Trawangan. Namun apa daya, pagi itu saya flu dan meriang, seperti nya karena kelelahan kemarin, kepanasan lalu minum es. Maaf ya suamiku, terpaksa hari ini kita ga jadi ke Gili dulu untuk istirahat dan pulih dulu kondisiku supaya besok bisa ke Gili Trawangan. Lagipula khan judulnya honeymoon jadi mestinya menikmati kamar ya hohoho.. Pagi itu suamiku asik berolahraga pagi di taman dengan udara segar sambil menikmati  suara deburan ombak di pantai :) Assiikkk..Alhamdulillah

Setelah late breakfast jam stengah 11 siang, kamid kembali menuju pantai, enaknya tinggal di hotel pinggir pantai ya seperti ini, serasa punya pantai sendiri , kapan aja mau renang tinggal jalan sedikit, apalagi kalau sewa nya kamar di pinggir pantai, pasti lebih ok lagi :)  
Di sekitar pantai hotel ada beberapa orang yang keliling-keliling menjual perhiasan-perhiasan mutiara, kain-kain lombok. Kalau untuk perhiasan mutiara sebaiknya membeli di toko khusus mutiara ya untuk kualitas yang terjamin. Kalau mau beli t-shirt silahkan saja, saya pun membeli beberapa t-shirt disini.

Setelah puas main-main di pantai, kita lanjut lagi renang di pool hotel, menikmati whirpool juga, di pool hotel juga ada pool bar utk yang mau mencicipi cocktail. 
 Siapa mau main catur ?

 nyemplung yuuk! lho meriang kok renang? #ga mau rugi


 Side pool bar
Setelah puas capek renang kita lanjut lagi pijat gratis dari paket hotel, pas banget nich badan lagi setengah meriang, capek-capek dipijat, lalu mandi berendam di bathtub yang sudah ditaburi bunga mawar. Sekembalinya ke kamar habis pijat, tidak lama datang honeymoon cake nya. Asiik, Alhamdulillah.. Mari menggendut suamiku..

Kenyang makan kue, sesudah maghrib kita naik taxi ke Art Market senggigi untuk beli oleh-oleh untuk keluarga. Banyak piring-piring, tempat buah lucu-lucu dari kulit kerang tapi karena berat dan tidak butuh-butuh amat juga sih sebenarnya , hehe jadi saya tidak jadi beli. Banyak kain-kain lombok, mutiara-mutiara cantik dijual disini. Untuk penggemar mutiara silahkan membeli mutiara air laut ya :). Ini foto hasil buruan saya kami.

Malamnya sepulang dari Art Market, kembali ke kamar, mandi lalu siap-siap candle light dinner. Cieee.. Pilihan main course nya Gindara Steak atau Rendang Padang. What? Rendang padang? hihihi, gimana ya selama idul fitri makannya rendang, opor, santan dkk , jadi bosenn. Jadi kita berdua sama-sama memilih Gindara Steak untuk main course. Menunya appetizer : Siomay. Lalu ada Soup Iga. Main course: Gindara Steak. Dessert: Fruit dan juice. 

Kenyang banget ternyata.. tidur nyenyak deh sesudah itu. Alhamdulillah

 
Day 3. Bangun pagi sudah merasa lebih sehat, breakfast lalu siap-siap menuju pelabuhan Bangsal untuk berangkat ke Gili Trawangan. Hari itu senin, 4 Agustus 2014, sedang ada perayaan lebaran ketupat. Jadi, semua masyarakat lombok merayakannya dengan piknik ke pantai dengan membawa bekal makanan. Wuih jadi semua pantai di lombok ramai bangettt.. Dari hotel kami naik taxi menuju pelabuhan bangsal. Ternyata sebelum tiba persis di pelabuhan taksi kami tidak boleh masuk persis di pelabuhan. Kurang lebih 500m dari tempat kami turun dari taksi ke pelabuhan dan kami disarankan untuk naik "Cidomo". Itu kereta kuda, yang biasa disebut "Dokar" , atau "Delman" atau kalau di Gorontalo disebut "Bendi". Harga Cidomo dari parkir mobil ke pelabuhan 20ribu.


 Selfie di CIDOMO

Sampai di pelabuhan bangsal kami membeli tiket. Public boat standard yang ada harganya hanya 13 ribu, saya dapat informasi dari hotel katanya 25ribu. Dengan senang hati saya bayar khan hanya 13ribu. Dan boat nya sudah siap berangkat. Ternyata oh ternyata untuk naik boat itu harus mencelupkan diri walau hanya sebetis dengan boat yang goyang-goyang kena ombak. Berebut tempat duduk dengan penumpang lain, kata nya maksimal penumpang 30 tapi boat yang saya naiki penuh sampai 40 orang. Dan ada karung-karung juga di boat itu, tidak jelas isinya apa. Boat tidak langsung jalan dan terus terombang-ambing kena ombak. Waduh, bisa mabok duluan ini sebelum sampai Gili Trawangan. :) 

Yang buat saya dan suami takut juga karena boat ini penuh dan hanya terbuat dari kayu, ngeri bocor terus gimana dong. Suami saya bilang "Pulangnya kita naik fast boat yang 75ribu" :) hehehehe.. in sya ALLAH mas, ini yang penting selamat dulu..akhirnya boat jalan, kecepatan seadanya hahaha *stress, 30 menit smp di Gili Trawangan. Tapi, selama perjalanan pemandangan price less, memang amat indah Indonesiaku ini, menikmati pemandangan laut dan pantai, serta gunung sebagai background sedikit mengalihkan pikiran ku dari ketakutan kalau boat ini karam.

Sampailah kami di Gili Trawangan, uwahh ramai sekalii. Banyak sekali wisatawan asing dan domestik. Kembali kami cari posisi untuk ikut "berjemur" bersama bule-bule. Saya yang hijabers jadi "alien" di antara para bule yang "telanjang" :D. Mestinya kami diving atau snorkeling ya, tapi berhubung saya belum lama ini operasi cesar yang terpaksa aktivitas satu itu kami skip dulu. Terimakasih suami atas pengertiannya ya ? ^-^

Welcome to Gili Trawangan

Gili Trawangan beach

Can you see behind me?


Puas renang-renang di pantai Gili Trawangan, kami kelaparan, semangat 45 cari ayam taliwang. Walau sudah search di google di Gili katanya kalau cari ayam taliwang  agak susah. Kami tanyakan saja di resto-resto sekitar pantai, apa ada yang jual ayam taliwang?. Ada di cafe kecil katanya, lokasi nya tidak jauh dari pelabuhan Gili. Okeh, ternyata masuk ke perkampungan ya. Masih alami. Ya tidak jauh beda sebenarnya dengan kampung-kampung di daerah rumah saya. Bedanya disini banyak bule. Hehehe. Cafe Kecil bagus ternyata, dia digabung dengan restoran Thailand. Saya pesan ayam taliwang (Idr.40ribu) dan strawberry juice, hubby pesan ayam pelecing (Idr.40ribu) dan es teh manis. Tidak ada plecing kangkung, adanya gado-gado. Okelah gpp yang penting ada sayur. 

Setelah datang makanannya, oh ini ternyata ayam taliwang versi bule :) karena ayam nya di fillet. Bukan ayam kampung layaknya ayam taliwang versi asli. Tapi untuk rasa tetap enak. 
Cafe Kecil, Gili Trawangan, Lombok
Setelah kenyang makan kami keliling-keliling lagi di sekitar Gili, lihat-lihat toko souvenir, ternyata untuk harga masih lebih murah di Art Market Senggigi. Kami tidak jadi beli disini, nanti saja mampir lagi ke Art market. 

Pukul 3 sore, karena trauma naik boat 13 ribu, suamiku membeli fast boat 75ribu untuk kembali ke pelabuhan bangsal. Nah ini beda, baju kita tetap bisa "kering" karena menuju boat sudah ada jembatan nya. Tidak seperti boat 13ribu yang mesti "nyemplung" dulu baru bisa naik boat nya. Hahaha, ada-ada saja #turis manja. Yang penting khan keselamatan diri juga, tidak apa bayar lebih mahal. Dibanding boat 13ribu yang kami naiki 40 orang, boat ini hanya ada 6 penumpang saja. Hahaha :D 

Fast boat 75ribu, kursinya empuk :D
Perjalanan dari Gili Trawangan ke Pelabuhan Bangsal hanya 15 menit saja cepat sekali dengan fast boat. :) . Sampai di pelabuhan bangsal, ternyata supir taxi bluebi*d yang kita naiki sempat mengeluh ketika kita bilang akan kembali ke senggigi. Karena lebaran ketupat, jalur dari senggigi ke mataram ditutup sampai jam 9 malam. Yang dibuka hanya dari mataram ke senggigi. Jadi 1 arah. Sehingga dia tidak akan bisa pulang ke mataram sampai jam 9. Di Lombok berbeda dengan jakarta katanya, untuk taxi 1kali perjalanan kadang kembali ke pool taksi kosong, tidak dapat penumpang lagi. Misalkan dari mataram ke senggigi, nanti dari senggigi ke mataram lagi, tidak ada penumpang yang cari taksi. Jadi cuma impas saja gitu. Iya itu tantangan bagi manajemen bluebi*d ya bagaimana untuk keep profitable. 

Sampai kembali di hotel sudah menjelang maghrib, lumayan capek ya, jadi malam ini kita santai-santai saja di kamar, nonton film-film di hbo dan cinemax, menikmati dinner dikamar, hubby pesan soto ayam dan aku pesan wrapped sausages. Minum hot chocolate beli di alfa mart dekat hotel. :)

Day 4. Oh, this holiday soon to be over. Yang nama nya liburan cepat banget tidak terasa ya. Hari ini sudah mesti check out untuk kembali ke jakarta pukul 13.30. Bangun pagi-pagi, jalan-jalan lagi di pantai, breakfast, lalu kembali renang di pool hotel. Puas-puasin. #ga mau rugi. Hehehe. Check out hotel, driver dan toyota innova nya sudah siap mengantar kami ke airport. Kami mampir lagi sebentar ke Art Market, beli oleh-oleh yang masih kurang. :) Lalu, masih ada 1 hal yang belum kesampaian makan ayam taliwang asli Lombok. Kata driver kami, ayam taliwang keluarga Moerad itu warisan turun temurun resepnya yang paling enak. Kalau di jakarta yang terkenal, ayam taliwang bersaudara, di Lombok sudah tidak ada. Oke , jadi driver kami mengantar kami untuk makan siang di ayam taliwang yenny moerad. Enak,  walau ukuran ayamnya kecil banget ya. Aku pesan ayam taliwang (Idr.40rb) suamiku pesan gurame taliwang(Idr.40ribu) dan kankung plecing. Bungkus 5 porsi untuk dibawa ke Jakarta.  Kenyang makan sekalian shalat dzuhur.


Sampai di airport passs banget. Check in, masuk ke ruang tunggu, pas banget ada panggilan boarding. Kali ini no delay. Good Job Lion ! Alhamdulillah Ya ALLAH, senangnya kami diberikan kesehatan dan kesempatan liburan ke Lombok.  ^_^

Wednesday, August 6, 2014

Keliling Eropa, 8 hari, 6 kota, 4 negara (Part 4)

Assalamualaikum ! Bonjour!

Day.5. Melanjutkan dari sini ya, setelah mengunjungi Belanda yang cantik dengan Volendam dan Keukenhof nya, saatnya kami pindah negara lagi kemana ? ke Italy ! Dari schipol airport di Amsterdam kami berangkat menuju Milan Malpensa dengan Easy Jet . Maskapai ini mirip dengan Air Asia & Lion Air ya, low cost airlines, pesawatnya kecil dan tidak dapat minum atau snacks. Well, you get what you pay. Perjalanannya juga dekat jadi wajar tidak dapat snacks. 


Sampai di Milan, yang awalnya kami fikir orang Perancis banyak yang tidak bisa bahasa inggris, ternyata di Italy lebih parah. Seperti sama dengan orang Indonesia yang mayoritas tidak bisa bhs inggris. Di Italy petugas di bandara masa tidak bisa bahasa inggris. Dari airport kami naik bus untuk tiba di Stasiun Milan. Di Milan kami menginap di Hotel Paradiso. Hotel nya sederhana banget. Tapi breakfast nya banyak dan enak. Di Milan kemana lagi kalau bukan ke Il Duomo. Di sekitar Duomo banyak banget butik-butik brand ternama, you name it , ada semua di sini. Nah untuk yang hobby shopping pasti happy. Kalau kita khan dana pas-pas an ya :) sempat mampir ke zara beli oleh-oleh untuk Papi dan Papa mertua. Terus ke Mc D, coba cheese cake nya, enak bgt! Cuma cheese cake Mc D tapi di Milan enak banget, seandainya dessert di Indonesia seenak dessert-dessert di Eropa ya. Setelah puas keliling malamnya kami menyantap pizza , menu wajib dicoba di negara asli pizza berasal. Memang mantab. Tentu pilih Pizza margerita saja, kalau ada daging takut tidak halal.

Il Duomo

Day 6. Dari Stasiun Central Milan kami berencana menuju Venezia menggunakan Train Italia. Nah karena kami beli tiket nya online. Maka automatis kami membeli kursi yang berurutan misalkan 1-2. Nah on the spot di train italia ternyata kursi nomor ganjil dengan ganjil , genap dengan genap. 1-3. 2-4. Seperti itu. Untungnya saya bersebelahan dengan wanita, seperti nya turis juga, sibuk menulis di laptop nya. Menulis tentang perjalanannya juga seperti saya. Tiba di Venezia yang cantik, kami menginap di Hotel Florida. Beristirahat sejenak di hotel. Karena kami menghabiskan wisata ini dengan jalan kaki ya.Siang nya kami lunch di restoran dekat hotel, pesan spaghetti aglio olio, n carbonara , no meat, hanya spaghetti dan sauce nya saja. Lalu beli gelatto. Setelah itu keliling venezia dengan jalan berjalan kaki. :)
Venezia



Taste the gelatto


Day 7 & Day 8. Sekembalinya dari Venezia Italy, selama di Paris kami menikmati berjalan-jalan keliling kota. Lalu, ke Galleries Lafayette, disini saya membeli oleh-oleh tas Longchamp untuk Mami dan Mama mertua. Sama seperti LV, Longchamp merupakan brand dari Paris, maka disini harga paling murah.  lalu kami mencoba macaroon asli paris, sangat enak. Jujur saja, sekembalinya ke Indonesia, saya tidak pernah mencicipi Macaroon seenak yang saya coba di Paris. Di Paris kami menginap di Hotel Maubeuge. Hotel ini sulit ditemui. Walau dari keterangannya dekat dari Gare du Nord, nyatanya jauh sekali. Kondisi hotelpun sedang direnovasi, jadi amat tidak nyaman untuk kami. Saya tidak merekomendasikan hotel ini.

Hari terakhir kami di Paris, dari Hotel kami dijemput taxi yang ternyata banyak penumpangnya. Jadi bukan kami saja di mobil tsb. Pengemudinya keturunan kamboja, kami mengobrol dia sudah 8 tahun hidup di Paris dan katanya sudah betah ya. :)

Yah, sekian cerita singkat dari saya mengenai perjalanan europe trip kami, ada beberapa hal yang belum detail ya, harap maklum karena sudah lama jadi banyak yang lupa. Au Revoir Paris!