Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, December 8, 2017

Teman Bumil, Aplikasi untuk Ibu Hamil di Indonesia




Assalamu'alaikum dear friends? apa kabar? semoga sehat sehat selalu ya.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau saat ini saya dan suami sedang program hamil. Program kehamilan yang kami jalani saat ini masih dalam tahap untuk berusaha dapat hamil secara "alami", yaitu dengan minum vitamin dan menyesuaikan waktu 'bertemu' sesuai dengan masa subur. He-he-he.
Tentunya sambil program hamil secara alami, kami juga menabung untuk program yang lebih 'serius' yaitu IVF (In Vitro Fertilization) atau yang biasa disebut Bayi Tabung di Indonesia, karena program IVF jujur saja dapat dikatakan Costly/ Mahal. Kenapa sampai perlu IVF? Walau dulu saya dapat hamil secara alami tapi, mengingat, terakhir kali saya melahirkan baby Omar, sudah lebih dari 3 tahun lalu, saya belum hamil kembali tanpa bantuan kontrasepsi. Kenapa tidak inseminasi dulu? Dulu sudah pernah 3x insem, tapi belum berhasil juga, dan justru malah bisa hamil alami. Jadi rasanya, biaya untuk inseminasi berulang bisa sama juga dengan IVF, jadi, kami memutuskan lebih baik kalau ingin program yang lebih serius langsung IVF saja. Sambil berusaha dan berdoa semoga bisa hamil secara 'alami' lagi. Aamiin.

Kehamilan Omar saat itu, saya yang baru pertama kali hamil, tentunya banyak sekali pertanyaan. Sedangkan, jadwal berkunjung dokter di kehamilan muda baru sebulan / 4 minggu sekali. Saking excited plus cemas juga tentunya, saya seringkali datang lebih awal dari jadwal konsultasi, yang mestinya 4 minggu, di minggu ke 3 saya sudah membuat datang atau di minggu ke 2 saya datang ke Obgyn (Dokter Kandungan) lain untuk mengecek kondisi dedek bayi.

Bertanya ke teman-teman yang sudah pernah hamil tentunya berbeda-beda jawabannya, karena kondisi tubuh setiap orang pasti berbeda. Apa yang dialami mereka mungkin tidak kita alami. Saya justru sempat heran, kenapa saya tidak mual-mual seperti ibu hamil pada umumnya. Walau akhirnya sempat sedikit mual setelah usia kehamilan 11 minggu. Sibuk mencari informasi via google, juga saya lakukan. Yang kadang membuat saya kewalahan sendiri dengan berbagai informasi yang saya dapatkan.


Kebetulan sekali, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri launching Teman Bumil, yang merupakan aplikasi untuk Ibu Hamil di Indonesia, pada Rabu, 29 November 2017 lalu, bertempat di Ballroom Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Disana saya mendapat informasi bahwa berdasarkan survei yang dilakukan oleh Teman Bumil pada 400 ibu hamil dan ibu yang sudah pernah hamil, diketahui bahwa 99 persen setuju bahwa dukungan selama hamil sangat penting dan memudahkan proses kehamilan.  Sayangnya, hanya 40% ibu mendapatkan dukungan tersebut setiap hari. Bahkam sebanyak 1,6% responden mengaku tidak pernah mendapat dukungan dari siapa pun ketika hamil. Kasihan ya..

Sebagai bentuk dukungan untuk ibu hamil Indonesia, GueSehat.com membuat aplikasi Teman Bumil. Dikarenakan dengan semakin majunya teknologi, aplikasi tentang kehamilan, dapat menyediakan informasi-informasi terpercaya, dan akan amat mendukung ibu hamil, selain suami dan keluarga terdekat. 


Pada peluncuran Teman Bumil, hadir beberapa narasumber antara lain :
- Ajeng Raviando, Psi.
- dr Ardiansjah Dara Syahruddin Sp.OG
- Robyn Soetikno , Co-Founder Teman Bumil 
- Sandra Dewi , Aktris dan brand ambassador Teman Bumil

Mba Ajeng Raviando.Psi, menyampaikan hasil penelitian terhadap ibu hamil bahwa memiliki teman mampu menimbulkan rasa aman dan nyaman sehingga dapat menjadi penopang psikologis dan mengurangi tekanan emosional selama kehamilan.

Dokter Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG menyampaikan bahwa ibu hamil seringkali mengalami masalah dan keluhan dan kadang bingung mencari saran darimana. Biasanya mereka mencari saran dari orang tua, mertua atau teman yang pernah hamil. Dengan adanya aplikasi yang sarat informasi seperti ini akan dapat menjadi pendamping bumil memperoleh informasi seputar kehamilan.

Ki-Ka : Ajeng Raviando.Psi, Robyn Soetikno, Sandra Dewi, dr. Bara
Sandra Dewi, yang saat ini tengah hamil 9 bulan, menyampaikan karena ini kehamilannya yang pertama, sehingga pengetahuan tentang kehamilan masih minim sekali. Dengan adanya Teman Bumil akan sangat membantu. Terutama dengan berbagai fitur seperti Checklist, perkembangan tubuh dan perkembangan janin sangat membantu Sandra untuk dapat menjawab hal-hal yang belum diketahuinya. 

Robyn Soetikno, co-founder Teman Bumil menyampaikan bahwa walaupun saat ini banyak aplikasi kehamilan berbasis bahasa Inggris yang dibuat oleh produsen di negara lain. Namun, tidak banyak konten dari aplikasi tersebut yang sesuai dengan budaya dan kondisi di Indonesia. Teman Bumil hadir dengan konten yang sangat relevan dengan masyarakat dan budaya Indonesia.


Tentang Teman Bumil

Terdapat berbagai fitur bermanfaat yang tersedia di aplikasi Teman Bumil yang dapat kita download secara gratis melalui Apps store dan Play Store, antara lain :

1.      Perkembangan Janin dan Perubahan Mums
Teman Bumil memberikan informasi perkembangan janin tiap minggu dan perubahan yang Mums rasakan, secara fisik maupun psikologis. Berbeda dengan aplikasi lain, Teman Bumil menyediakan informasi yang tidak hanya berfokus pada janin, tetapi juga ibu. 
 
2.      Checklist
Mums kebingungan apa saja yang harus dilakukan selama hamil? Teman Bumil memberikan list dan daftarnya untuk Mums! Jangan khawatir, daftar ini sudah diperiksa oleh tim medis Teman Bumil. Check list yang dianjurkan antara lain pemeriksaan laboratorium, Nutrisi yang perlu dikonsumsi, Pengecekan Kesehatan dan sebagainya.

3.      Agenda
Pernah mendengar istilah pregnancy brain? Beberapa Mums mengeluh menjadi lebih pelupa selama hamil. Beberapa literatur menyebutkan, perubahan hormon adalah penyebabnya. Nah, fitur Agenda di Teman Bumil, bisa menjadi solusinya. Mums tinggal menginput to do list per hari. Teman Bumil akan menjadi asisten pribadi yang akan mengirimkan reminder untuk Mums.

kenapa ibu hamil jadi pelupa?
4.      Janin 360
Yuk, semakin dekat dengan buah hati Mums di dalam kandungan! Caranya, lihat lebih detail perkembangan janin Mums di fitur ini. Klik pada tanda + (pin point), akan muncul informasi terkait perkembangan organ tersebut.

5.      Album
Kehamilan menjadi  momen yang tidak terlupakan. Karenanya, simpan semua foto dan kenangan (termasuk foto USG Mums) ke dalam album ini. Nantinya, Mums bisa tunjukkan pada si Kecil, betapa menyenangkan masa mengandungnya selama 9 bulan.


6.      Artikel&Tips
Temukan beragam informasi tepercaya dan menarik selama kehamilan di fitur ini!

Mitos atau Fakta seputar kehamilan
Fase berikutnya, Teman Bumil akan hadir dengan tambahan fitur yang menarik lainnya, seperti Grafik Mum&Janin
untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan Mums, Resep Makanan Sehat, dan Nama Bayi.

Sangat lengkap ya fitur-fitur yang ada di Teman Bumil ini. Jadi, in sya Allah hamil lagi,aamiin Allahuma aamiin, saya sudah punya satu teman yang siap diandalkan nih, yaitu aplikasi Teman Bumil.

Di event launching teman bumil, juga hadir beberapa bumil selebriti untuk menshare pengalaman kehamilannya. Saya sempat berfoto dengan bumil cantik, Nabila syakieb yang saat ini tengah hamil 7 bulan.



Kalau teman bumil ingin mendapat informasi lebih lanjut seputar aplikasi Teman Bumil dapat menghubungi info@temanbumil.com. Untuk bapak suami, sebaiknya juga mendownload aplikasi Teman Bumil, jadi kalau istri tanya pak suami ternyata sudah lebih tahu jawabannya. Jadi makin cinta deh istrinya pastinya ^_^

yuk, download Teman Bumil untuk Bumil dan Pak Suami siaga ^^


Thank you for reading
Salam

13 comments:

  1. Jaman makin canggih, banyak aplikasi pregnancy yg keren2 jg yah Wit. Aku suka lho pk aplikasi Teman Bumil, selain tampilan nya lucu, isi nya jg ok ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bumil yeye, kepake banget ya pasti informasi-informasi yang ada di teman bumil

      Delete
  2. Lengkap banget ya mba fiturnya. Sampai ada informasi soal mitos & fakta. Semoga bisa jadi teman banyak bumil di Indo. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, pastinya jadi andalan banyak bumil di Indonesia aplikasi ini :)

      Delete
  3. Applikasinya lengkap ya isinya. Makin bahagia aja ni para bumil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enaknya jadi bumil zaman now ada aplikasi teman bumil yang memberi informasi seputar kehamilan lengkap ^^

      Delete
  4. ada mba Witha yg bareng sama mba Inka ya duduknya :D
    Iyanih aplikasi bumil memudahkan banget, bermanfaat infonya valid

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku bareng inka kemarin datang ke event nya :)

      Delete
  5. Wah baru tau nih mba ada aplikasi seperti ini. Sangat membantu untuk bumil dan calon bumil :)

    Anyway.. salam kenal Mba Witha (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai glentina, salam kenal juga
      iya membantu bumil banget aplikasi ini :))

      Delete
  6. Baru tau aku ada aplikasi ini. Sekarang lagi hamil 30week, jadi lumayan fokus yaa info-infonya. Biasanya catatan dede bayi cuma ada di dokter dan di buku kehamilan, kali ini bisa dicatat di hp dan dibawa kemana-mana. Banyak tips juga. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah Essi sudah 30 weeks ya? gapapa better late than never , download apps nya ya, berguna bangett :))

      Delete
  7. Mba withaaa.. Bismillah dimudahkan yaa ikhtiar IVF nyaaa.. :) ternyata ga semudah itu yaa panjang prosesnya.. syukur syukur bisa hamil alami lagi yaaah.. amiiin YRA.

    ReplyDelete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.