Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, November 29, 2017

JakFlo Floral Academy - untuk kamu yang bercita-cita menjadi Florist


Assalamu'alaikum Dear Friends? Apa kabar? Semoga sehat selalu ya

Hari senin, 27 November 2017 lalu, saya mendapatkan undangan untuk belajar. Materi yang akan dipelajari bukan materi biasa, melainkan adalah belajar merangkai bunga. Terdengar sepele dan mudah? Jangan yakin dulu sebelum mencoba. Ternyata untuk menghasilkan rangkaian bunga yang cantik dan menarik ada tekniknya juga. Kita tidak bisa langsung menggabungkan bunga begitu saja, karena akan berantakan dan kurang menarik hasilnya.

Adalah JakFlo Floral Academy, yang merupakan satu-satunya tempat pelatihan merangkai bunga bersertifikasi di Indonesia dengan kurikulum yang berasal dari Flowers Design School Australia, yang dilatih dan dimiliki oleh European Master Florist.

Mba Sara menjelaskan teknik merangkai bunga


Berawal pada tahun 2005, Sara Destariansyah, memulai Jakarta Flower Workshop, bersama suaminya. Pada awal tahun 2007 seiring dengan perkembangan usaha, Sara menambah kelas creative lainnya antara lain perhiasan mutiara dan gift wrapping. Dan pada tahun 2011, Sara mengajak 3 business partners, yaitu Fauziyah Arsiyanti, Rara Sumawinata, dan Mimie Siauw untuk turut mengembangkan JakFlo Floral Academy and Creative Centre.

Bersama Mba Sara (ditengah) dan Mba Anneke (Reporter Kompas TV- paling kiri)

Program study yang disediakan terbagi dua yaitu Program Sertifikasi JFA dan Workshop.

Untuk program sertifikasi terbagi dalam 3 Level yaitu :

1. Contemporary Floral Design (Basic Level) yang dibutuhkan bagi pemula atau hobi yang ingin memiliki usaha bunga sendiri. Program ini mencakup 7 module dalam waktu 27 minggu atau 27 kali pertemuan termasuk kelas review dan exam. 

2.  Professional Contemporary Floral Design (Intermediate Level) Level ini ditujukan bagi pengusaha bunga professional, pemilik toko bunga ataupun manajer yang bekerja di toko bunga atau industri bunga lainnya. Pada level ini murid akan mempelajari lebih banyak tehnik dan pengembangan dari teori yang didapatkan di level sebelumnya. Program ini mencakup 7 module dalam waktu 27 minggu atau 27 kali pertemuan termasuk kelas review dan exam.  

3.  Advanced Contemporary Floral Design (Advanced Level) Level ini ditujukan bagi artist bunga untuk mengembangkan teknik display bunga  untuk kebutuhan dekorasi ataupun kompetisi. Program ini mencakup 7 module dalam waktu 19 minggu atau 19 kali pertemuan dengan tambahan Final Project selama 4 minggu untuk membuat instalasi bunga pajang di lokasi keramaian umum.

Our simply posy creations
Selain Program Sertifikasi JFA juga menyediakan berbagai workshop dengan berbagai tema dan teknik yang berbeda. Pada workshop murid akan lebih mempelajari teknik daripada teori. Workshop juga dilaksanakan dalam suasana menyenangkan. Setiap bulan akan ada workshop yang ditawarkan dan dapat diikuti oleh semua orang baik tingkat dasar maupun professional.

Tema workshop yang dapat diikuti antara lain workshop Simply posy, Creative balloon and flower garland, flower frame, tropical and rustic table decor, chocolate bloom box, ribbon decor, holiday centrepiece, hanging flower dan workshop kreatif lainnya.

Harga
Untuk program Sertifikasi - Contemporary Floral Design bisa kita ikuti mulai dari Rp.16.000.000 dan untuk kelas workshop tersedia mulai dari Rp.700.000,-

Mulai merangkai simply posy
Hari itu saya mengikuti kelas Simply Posy Workshop, yaitu merangkai bunga tangan. Beberapa teknik yang saya pelajari antara lain :

1. Bersihkan daun-daun dan duri di tangkai bunga satu persatu menggunakan alat khusus. 
Mba Sara bisa langsung copotin daun daun di bunga pakai tangan. Saran beliau, jangan coba-coba kita copotin sendiri bare hands kalau kamu tidak mau tangan kamu luka.
2. Daun penting sekali untuk mensupport rangkaian bunga kamu. Bouquet bunga yang 'longgar' disebabkan daun yang mensupport kurang.
3. Susun bunga dan daun secara spiral/menyilang.
4. Ikat rangkaian bunga kencang menggunakan tali khusus untuk bunga, jika tidak ada, dengan tali rafia juga bisa kok
5. Selain menggunakan busa khusus bunga (yang berwarna hijau bisa untuk ditusuk-tusuk itu) kita juga bisa membungkus bunga dengan plastik dan menuangkan air hingga kebawah, sehingga bunga akan tetap segar hingga 8 hari)

Me and my simply posy
Saat akhirnya rangkaian bunga saya jadi, bukan main senangnya. Cantik banget!! (muji karya sendiri, siapa lagi kalau bukan kita sendiri :D) Betul seperti Mba Sara bilang, ada beberapa murid yang ikut untuk stress release. Dan hal itu berlaku juga untuk saya, senang banget saat lihat rangkaian bunga kita jadi.

Kabar Siang Kompas TV
Hari itu juga kebetulan ada liputan dari Kompas TV, masuk TV deh saya.He-he-he.
Yuk yang ingin belajar merangkai bunga kita bisa ikut kelas Workshop di JFA atau yang ingin serius menjadi Florist kita ikut program sertifikasinya di :

Jakarta Florist Academy
JakFlo Creative Centre
Jl. Kemang Raya No.30 Kemang
Gedung MitraHadi Prana Boutique Mall 3rd Floor
Jakarta 12370
021 719 8546 atau 0813 1720 0907 

8 comments:

  1. Seru banget yah mommy..

    Jd pengen ikutan belajar merangkai bunga jg nih :)

    ReplyDelete
  2. Suka bangett jadi penghilang stress hehehe

    ReplyDelete
  3. waaaa merangkai bunga. pasti nyenengin deh ini. apalagi bunga yang wangi kaya lily gtu ya? sambil aromaterapi deh jdnya

    ReplyDelete
  4. Wah asyik banget, secara saya suka bunga. Suka merangkai asal. Kalo ikut workshop gini pasti jadi bagus ya..

    ReplyDelete
  5. Seneng banget yaaa kalo rangkaian bunganya udah jadii... 💐😍 prosesnya itu looh waspada sama duri duri di tangkai yaaah hihi.. hebat banget yang udah bisa copotin durinya barehands... aku mah ngeri duluaan hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha-ha-ha itu ngelepasin duri barehands ga recommended, berbahaya. Jadi panjang urusannya nanti bukan merangkai bunga malah sibuk urusin luka :D

      Delete
  6. Mba witha aku pernah ikutan sekejap merangkai bunga.. teryata syuuusah banget hiks2.. nilainya 6 dari 10 point hahahahahaha

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. he-he-he cuma dapat nilai 6 ya say? aku kemarin ga dikasih nilai sih, ga tau juga kalau ada nilai berapa ya nilaiku, tapi practice makes perfect khan say, makin sering praktek makin jago ^^

      Delete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.