Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, October 26, 2017

Resik V Godokan Sirih - Bebas Keputihan


Assalamu'alaikum Dear Friends? apa kabar ? semoga sehat selalu ya?

Dimasa modern ini dengan segala kecanggihan teknologi yang ada, nyatanya tidak dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Gaya hidup yang serba praktis dan harus cepat, membuat kita menjadi 'lupa' untuk menjaga kesehatan. Hingga tersadar, disaat tubuh ini sudah 'protes'. Duh, ini kenapa? sakit apa saya? Untuk itu pentingnya sedari dini kita menjaga kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Termasuk juga, salah satu bagian tubuh yang harus dijaga dengan baik bagi kita, wanita, adalah si cantik Ms.V. Pernahkah kamu mengalami keputihan? atau merasa 'becek' didaerah 'bawah' sana. Nah, masalah itu jangan dianggap remeh. Yuk kita cari tahu tentang masalah keputihan dan cara mencegahnya.

bisik-bisik manja di #ArisanResik
Di hari Jumat, 20 Oktober 2017, bertempat di Harlequin Bistro Kemang, saya bersama teman-teman Indonesian Hijab Blogger, hadir diacara #ArisanResik, ini bukan Arisan biasa lho, tapi Arisan yang juga membahas tentang kesehatan dan kebersihan organ intim. Harlequin Bistro ini kece tempatnya, instagramable banget jadi saya dan teman-teman foto-foto dulu menanti Arisan dimulai ^_^




Di Arisan Resik ini hadir narasumber kece antara lain :
  • dr.Rino Bonti Tri Hadma Shanti, SpOG dari RSIA Hermina Jatinegara
  • Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk
  • Nadiah Faatimah, motivator di Yayasan Lupus Indonesia & Syamsi Dhuha Foundation, Pengurus beberapa taklim di Jakarta, Guru TPA di Yayasan Darussalam Annur

Ki - Ka : dr. Rino Bonti,SpOG, Mba Yuna K, Nadiah Faatimah, Putri Dwiandari (MC of the day)

#KEPUTIHAN
Pernahkah kamu mengalami keputihan? lalu karena malu ingin bertanya kepada siapa jadi diam saja? mau ke dokter kandungan (ObsGyn) duh kok repot banget sampai harus ke Dokter segala. 
Keputihan memang saat ini menjadi salah satu alasan banyaknya wanita datang ke Dokter Kandungan.

Keputihan sendiri terbagi menjadi 2, yaitu karena sebab Fisiologis dan Patologis
Keputihan Fisiologis umumnya keputihan Normal yang terjadi sesaat dan saat masa subur dan keputihan yang terjadi menjelang haid. Cairan yang keluar berwarna bening, tidak berbau, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan gatal maupun nyeri. 

Keputihan Patologis merupakan tanda adanya penyakit. Dapat disebabkan infeksi dan non infeksi
Keputihan disertai rasa gatal, berbau busuk dan kemerahan atau rasa panas dan nyeri, harus diwaspadai karena merupakan pertanda infeksi vagina

Infeksi vagina dapat disebabkan:
Jamur (kandida) 
Bakteri yang berbahaya
Parasit trikomoniasis 
Infeksi di vagina dapat berlanjut sampai ke saluran indung telur dan menyebabkan sumbatan. Sehingga mempersulit terjadinya kehamilan. Keputihan juga berkaitan dengan infeksi menular seksual, dampak penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau karena kegananasan.

Sedangkan penyebab keputihan non infeksi, antara lain benda asing di vagina, polip serviks, reaksi alergi atau karena persoalan hygiene yang tidak baik di area kewanitaan. Ada saat di mana kebersihan organ intim wanita perlu mendapatkan perhatian extra saat haid. Pada saat ini perawatan kebersihan perlu lebih intensif.
Mau lihat salah satu contoh keputihan yang berbahaya ? Siap-siap yahh (tutup muka)
-----------------------------------------------------------------------

Duh, ternyata saya tidak cukup berani menampilkan foto keputihan patologis disini. Serem banget ! untuk kamu yang penasaran, bisa langsung google saja ya : Keputihan Patologis .
Kenapa keputihan patologis dapat terjadi? Penyebab utamanya adalah kebersihan ms.V yang selama ini kurang terjaga dengan baik. Ms.V yang lembab menjadi media yang baik untuk tumbuhnya jamur. 

Untuk masalah infeksi berat salah satu solusinya adalah vaginal douching yaitu menyemprotkan cairan khusus ke dalam vagina. Tapi Douching ini hanya dilakukan untuk infeksi berat dan tidak dapat dilakukan rutin, apalagi dilakukan sendiri, tindakan vaginal douching hanya dilakukan oleh Dokter Kandungan.

dr. Rino Bonti menjelaskan tentang berbagai problem keputihan

 
MENCEGAH dan #MENGATASIKEPUTIHAN  
Dulu saat masih berusia sekitar 5 tahun saya lihat Mami saya seringkali rebus daun sirih. Saya fikir airnya saja yang diminum ternyata tidak. Saat sedang mandi bersama, iya dulu zaman balita sampai masih suka mandi bareng Mami, saya juga melihat Mami bersih-bersih menggunakan daun sirih dan air rebusannya. Saya yang masih kecil tidak mengerti itu apa, dan minta juga coba pakai. He-he-he.
Ternyata Daun Sirih itu banyak manfaatnya (jadi ingat nenek-nenek zaman baheula suka ngunyah daun sirih,he-he-he). Manfaat daun sirih antara lain sebagai Antiseptik, antibakteri dan aktioksidan. 

Kebiasaan baik dari almh Mami ingin sekali saya ikuti, yaitu bersih-bersih ms.V dengan air rebusan daun sirih, tapi kalau sekarang musti merebus daun sirih dulu waduh repot banget, belum musti kepasar dulu beli daun sirih, atau nanam dulu dihalaman, iya kalau tumbuh itu daunnya , kalau tidak duh pe-er banget yaa Ha-ha-ha

ResikV Godokan Sirih

#RESIKVGODOKANSIRIH
Senangnya sekarang kita mendapatkan manfaat daun sirih sebagai #antiseptikalami dengan adanya Resik V Godokan Sirih, tanpa perlu repot-repot rebus rebus daun sirih sendiri. ResikV Godokan Sirih adalah produk dari PT. Kino Indonesia, Tbk. 

Mba Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk, menjelaskan selain sebagai antiseptik alami, Resik V Godokan Sirih juga merupakan solusi untuk memelihara kebersihan organ intim dan mencegah keputihan. 

Resik V Godokan Sirih

Resik V Godokan Sirih dibuat secara alami dengan kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli. Plus terjamin ke Halal annya dan sudah memperoleh sertifikat Halal dari MUI. 

Dengan PH normal area kewanitaan yaitu 3-4, ResikV Godokan Sirih akan menjaga keseimbangan flora normal dan 100% menghambat jamur penyebab keputihan tanpa membunuh bakteri baik yang diperlukan ms.V. 


PENGGUNAAN RESIK V
Resik V Godokan Sirih dianjurkan digunakan secara teratur saat haid atau ketika mengalami keputihan. Gunakan ResikV Godokan Sirih setelah mandi. Apalagi dengan kemasannya yang travel friendly, amat mudah untuk kita bawa kemanapun. 
Untuk pemakaiannya : tuangkan secukupnya ketelapak tangan, usapkan ke area Ms.V kita. Lalu bilas dengan air hingga bersih. 


Pemakaian ResikV Godokan Sirih
HARGA
Dengan manfaat air godokan daun sirih dan manfaat sisi praktis sehingga menghemat waktu kita, harga retail ResikV Godokan Sirih hanya sekitar Rp.20,000 lho. Super terjangkau ya. ^_^

REAL TESTIMONI
Sebelum saya hadir ke event Arisan Resik kali ini, sebenarnya saya telah menggunakan ResikV Godokan Sirih. Jadi, saya telah merasakan manfaatnya bersih-bersih si ms.V, wangi ResikV Godokan Sirih asli persis banget dengan air rebusan daun sirih jika kita rebus sendiri. Saat diusapkan ke ms.V dan sedikit digosok akan ada sedikit busa. Setelah dibilas ms.V akan terasa lebih bersih dan segar. Pastinya makin tenang karena Resik V Godokan Sirih hanya mengandung bahan-bahan alami yang halal dan aman untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ms.V.

puas pakai ResikV Godokan Sirih


SHARING DARI NADIAH FAATIMAH
Nadiah adalah sosok yang inspiratif. Sebagai Lupus survivor, Nadiah tetap semangat dan menjadi motivator untuk orang lain yang saat ini sedang berjuang menangani Lupus. Tidak hanya itu, Nadiah juga aktif sebagai pengurus dibeberapa majelis taklim.Cantik, kalem dan ramah, Nadiah cocok menjadi panutan sosok muslimah yang baik. MasyaALLAH.

Nadiah menyampaikan pentingnya Thaharah bagi kita seorang muslimah. 
Menurut bahasa, Thaharah berarti bersih dan suci dari segala kotoran atau najis.
Home Bacaan Islami Hikmah Dan Keajaiban Kisah Islami Puasa Bahan Ajar Madina Home / Hikmah Dan Keajaiban / 4 Hikmah dan Manfaat Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari 4 Hikmah dan Manfaat Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari Bacaan madani 9:31:00 PM Hikmah Dan Keajaiban Thaharah secara bahasa thaharah artinya membersihkan kotoran, baik kotoran yang berwujud maupun yang tak berwujud. Kemudian secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis, dan kotoran (dari tubuh, yang menyebabkan tidak sahnya ibadah lainnya) menggunakan air atau tanah yang bersih. Thaharah terbagi menjadi dua, secara batin dan lahir, keduanya termasuk di antara cabang keimanan: Thaharah bathiniyah: ialah menyucikan diri dari kotoran kesyirikan dan kemaksiatan dari diri dengan cara menegakkan tauhid dan beramal saleh. Thaharah lahiriyah: ialah menyucikan diri menghilangkan hadats dan najis. Allah Swt. telah menjadikan taharah (kebersihan) sebagai cabang dari keimanan. Oleh karena itu, dalam Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantaiasa hidup bersih, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat. Adapun yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal, lingkungan madrasah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/11/4-hikmah-dan-manfaat-thaharah-dalam.html
Terima kasih sudah berkunjung.
Thaharah secara bahasa thaharah artinya membersihkan kotoran, baik kotoran yang berwujud maupun yang tak berwujud. Kemudian secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis, dan kotoran (dari tubuh, yang menyebabkan tidak sahnya ibadah lainnya) menggunakan air atau tanah yang bersih. Thaharah terbagi menjadi dua, secara batin dan lahir, keduanya termasuk di antara cabang keimanan: Thaharah bathiniyah: ialah menyucikan diri dari kotoran kesyirikan dan kemaksiatan dari diri dengan cara menegakkan tauhid dan beramal saleh. Thaharah lahiriyah: ialah menyucikan diri menghilangkan hadats dan najis. Allah Swt. telah menjadikan taharah (kebersihan) sebagai cabang dari keimanan. Oleh karena itu, dalam Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantaiasa hidup bersih, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat. Adapun yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal, lingkungan madrasah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/11/4-hikmah-dan-manfaat-thaharah-dalam.html
Terima kasih sudah berkunjung.
Thaharah secara bahasa thaharah artinya membersihkan kotoran, baik kotoran yang berwujud maupun yang tak berwujud. Kemudian secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis, dan kotoran (dari tubuh, yang menyebabkan tidak sahnya ibadah lainnya) menggunakan air atau tanah yang bersih. Thaharah terbagi menjadi dua, secara batin dan lahir, keduanya termasuk di antara cabang keimanan: Thaharah bathiniyah: ialah menyucikan diri dari kotoran kesyirikan dan kemaksiatan dari diri dengan cara menegakkan tauhid dan beramal saleh. Thaharah lahiriyah: ialah menyucikan diri menghilangkan hadats dan najis. Allah Swt. telah menjadikan taharah (kebersihan) sebagai cabang dari keimanan. Oleh karena itu, dalam Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantaiasa hidup bersih, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat. Adapun yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal, lingkungan madrasah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/11/4-hikmah-dan-manfaat-thaharah-dalam.html
Terima kasih sudah berkunjung.
Thaharah atau bersuci juga erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah. Seperti dalam shalat , orang yang akan melaksanakan shalat adalah wajib hukum suci dari hadats. Juga pakaian dan tempat hendaknya terhindar dari kotoran atau najis. Tanpa Thaharah, ibadah kita tentunya akan sia-sia.
Home Bacaan Islami Hikmah Dan Keajaiban Kisah Islami Puasa Bahan Ajar Madina Home / Hikmah Dan Keajaiban / 4 Hikmah dan Manfaat Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari 4 Hikmah dan Manfaat Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari Bacaan madani 9:31:00 PM Hikmah Dan Keajaiban Thaharah secara bahasa thaharah artinya membersihkan kotoran, baik kotoran yang berwujud maupun yang tak berwujud. Kemudian secara istilah, thaharah artinya menghilangkan hadats, najis, dan kotoran (dari tubuh, yang menyebabkan tidak sahnya ibadah lainnya) menggunakan air atau tanah yang bersih. Thaharah terbagi menjadi dua, secara batin dan lahir, keduanya termasuk di antara cabang keimanan: Thaharah bathiniyah: ialah menyucikan diri dari kotoran kesyirikan dan kemaksiatan dari diri dengan cara menegakkan tauhid dan beramal saleh. Thaharah lahiriyah: ialah menyucikan diri menghilangkan hadats dan najis. Allah Swt. telah menjadikan taharah (kebersihan) sebagai cabang dari keimanan. Oleh karena itu, dalam Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantaiasa hidup bersih, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan masyarakat. Adapun yang perlu kita perhatikan dalam menjaga kebersihan adalah kebersihan lingkungan tempat tinggal, lingkungan madrasah, tempat ibadah, dan tempat umum.

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/11/4-hikmah-dan-manfaat-thaharah-dalam.html
Terima kasih sudah berkunjung.

Hikmah Thaharah antara lain :
1. Memelihara kesehatan.
Kebersihan sama dengan menjaga kesehatan. Dengan berusaha untuk menjaga kebersihan yang artinya menghindari dari berbagai penyakit. Dan banyak penyakit yang tersebar melalui kotoran atau pola hidup yang tidak bersih.
2. Tuntunan Fitrah
Tentu sebagai manusia, kita mempunyai kecenderungan menyukai kebersihan baik berupa kebersihan diri, pakaian, tempat dan lain-lain. Disamping itu kita pasti tidak menyukai kotoran dan hal-hal yang menjijikkan.
3. Salah satu bentuk ibadah kepada Allah. Sesuai perintah ALLAH pada Al Qur'an.
“Dan pakaianmu, bersihkanlah..”(Q.S  Al-Muddatsir:4)
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang gemar bertaubat, dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri (Q.S Al-Baqarah : 222)

Dan yang terakhir menurut saya dan tentunya teman-teman yang lain juga sepakat, menjaga kebersihan terutama ms.V amat bermanfaat bukan hanya untuk kesehatan kita sendiri tapi juga untuk keharmonisan rumah tangga dan kebahagiaan suami. Betul tidak ? ^_^

istri happy suami happy ^_^

TIPS MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN MS.V
Arisan makin kece karena saya dan teman-teman mendapat informasi menjaga kebersihan Ms.V (Genitalia externa), yaitu :
1. Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih setiap setelah buang air kecil dan buang air besar
2. Cara membersihkan yang benar adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya, sehingga kuman dari anus tidak terbawa kembali ke depan.
3. Memakai cairan khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan pH yang sesuai. ResikV Godokan Sirih tentunya.
4. Memakai pakaian dalam dari bahan katun yang menyerap keringat  dan bersih, menggantinya 3x sehari bila terasa lembab
5. Memakai pembalut wanita  yang baik saat haid dan menggantinya 3-6 jam sekali
6. Segera membersihkan diri setelah berenang atau olahraga dan mengganti pakaian dalam yang basah, kotor atau berkeringat setelah aktivitas tersebut
7. Mencuci pakaian dalam sendiri dan terpisah dari pakaian lain
8. Menyimpan pakaian dalam di laci khusus/terpisah dari pakaian lain


Happy dapat tips-tips kece merawat kebersihan Ms V bareng Mira

Disetiap arisan, tentu selalu penasaran siapa yaa yang menang arisan, begitu juga dengan Arisan Resik kali ini, ternyata pemenangnya adalah bumil Iwed a.k.a Dewi, wah rezeki dedek baby ya. Congratulations!

Alhamdulillah bisa hadir di event yang bermanfaat dan informatif ini. Plus dapat hampers ResikV, tambah lagi stock ResikV untuk dipakai. Yayy! Senangnya. Thank you Resik V dan Indonesian Hijab Blogger for having me. ^_^


Thank you for reading my friends
Don't forget to follow my blog and really appreciate any comments from you
Salam

with Mba Yuna & Mba Flo dari Kino , thank you Mba cantik ^^

Mba Ayu :)
today dresscode Green : Tunic and scarf by @riamiranda

30 comments:

  1. iya yah witha, kadang kita suka absen ngerawat organ intim. pdhl kan klo suami senang kita juga hepi ya bs belanja belanji. eeehhhh... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. aamiin dengan kesehatan bersama khan :))

      Delete
  2. Pankapan bumil diajakin yahhhhh ikutan acara yg begini2annnn hahahaha

    Gw blm pernah nyoba nih, mau coba deh, boleh ga buat bumil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bumil semoga kalau weekday bumil bisa cutay yah

      resikV godokan sirih aman kok untuk dipakai bumil karena pH nya sesuai flora normal msV dan untuk penggunaan bagian luar saja..

      Delete
  3. Bersuci itu wajib ya mam, bab 1 dalam fiqih karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

    Apalagi sebagai muslimah nggak cuma harus cantik di luar namun harus resik di dalam juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say, masyaAllah
      Alhamdulillah ISLAM sudah menganjurkan dan membimbing untuk memiliki cara hidup yang terbaik ya

      Delete
  4. Asik "Istri Happy Suami Happy" leeeh ugaaak mba with quote nya hehehehe..

    Seneng banget bisa coba Resik V, daerah kewanitaan terjaga kebersihannya selalu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. he-he-he ada lagi nih quote serupa "istri riang,suami senang" :))

      iya say in sya Allah dengan bantuan resikV kebersihan organ intim kita selalu terjaga ya..

      Delete
  5. Makasih mba Wit udah di undang. Dapet ilmu baru, bahas daerah V emang seringkali malu yah kalo bukan di acara kayak gini. Padahal penting banget. Aku masih rajin make Resik V, ngebantu banget ngurangin gatal saat lagi sering mondar mondar ke toilet karena hamil 😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bumil pasti bes*r banget khan..

      Untung kita wanita semua ya kemarin hehehe

      Delete
  6. Mba Witaa aku baru tau ada foto yang "bisik bisik manjah" itu kok lucu gemes banget yaaa hahaha... . Gimana ngga bisik bisik manja yaa kalo pembahasan arisannya soal menjaga keharmonisan rumah tangga ihikihik... untung skrg ada resik V godokan sirih yaa ga perlu nanem pohon sirih dulu deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya inka ada foto bisik bisik manja itu :))

      Iya untung ada ResikV memudahkan hidup ^^

      Delete
  7. seruu banget yaa dari arisan resik kmrn ternyata byk dpt ilmu juga soal keputihan, dan baru tau ada tingkatan2nya euyy.. huhuu seremm.. makanya lbh baik mencegah pakai resik V godokan sirih ini daripada mengobati :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ku stress liatnya semoga kita terhindar dari keputihan patologis :)

      Delete
  8. waahh tnyata Mba Wit udah lama pake Resik-V yaa, aku baru nyoba kmarenan pas pulang dari acara ini.. Bersih dan wangiiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pakai ResikV godokan sirih sudah sekitar sebulan sebelum event ArisanResik :)

      Delete
  9. harganya yang terjangkau dengan manfaat yang luarbiasa ya mba, trus halal juga

    ReplyDelete
  10. bener ya gaya hidup yang serba instan mau cepet aja, bikin lupa dan skip terus sm hal penting kyk membersihkan area V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sayang ya padahal ms V sama pentingnya bahkan lebih penting drpd area luar yang lebih sering kita perhatikan

      Delete
  11. Alhamdulillah aku anak baroe jadi langsung belajar tentang menjaga kebersihan area kewanitaan dari acara ini nih, seneng bisa arisan sekaligus dpt ilmu baru bareng temen2 IHB :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayy.. semoga bisa seseruan lagi bareng2 IHB yah

      Anyway,jadi gimana tips dari 'senior' sudah dipraktekin anak baroe belum ? He-he-he

      Delete
  12. Ka Witha, Alfatihah untuk Ibu-Ibu kita yang sudah mengajarkan betapa pentingnya merawat area kewanitaan sejak dini. Alhamdulillah pohon sirih tumbuh lebat di halaman belakang rumah aku ka.. jadi tinggal metik deh, tapi sekarang sudah ada yang praktis, Resik V Godokan Sirih, InsyaAllah sama khasiatnya

    ReplyDelete
  13. Walaupun sariawan heboh.. Akuh juga hepi bisa dateng ke event dan belajar bersama dirimu mam. Semoga kita dijauhkan dari keputihan yang aneh2 itu yaa. Aamin. :)

    ReplyDelete
  14. Mba Witha, makasih ya udah diundang ke acara ini. Beneran bermanfaat dunia akhirat insyaAllah :D Informasinya bagus banget, secara persoalan kewanitaan begini jarang dibahas secara gamblang hehehe...

    ReplyDelete
  15. mba Witaa...tengkyu yaa udah diundang ke acara ini.. semoga berkah ya mba... ini acara manfaat bgt siih, bikin kita makin concern utk ngejaga kesehatan organ intim kita. Sipppp bgt deeh pokoknya

    ReplyDelete
  16. Makin hati2 lihat pemaparan dr bonti kemarin. Dan bikin seneng si godokan sirih asli dlm kemasan yg praktis. 💕

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah yaaa. datang ke acaranya menyenangkan, dapat ilmu baru, ketemu teman baru, dan bawa pulang goodiebag yang bisa langsung dipake biar organ kewanitaan lebih terjaga. hehe

    ReplyDelete
  18. wooow banyak banget manfaatnya ya kak. btw aku udah botol kedua hihi enyaak wanginya syuka

    ReplyDelete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.