Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, September 9, 2017

Hidup Halal bersama DuniaHalal.com


Assalamualaikum dear friends?

Di zaman yang makin modern ini, dengan berbagai perkembangan teknologi yang ada dan berbagai kemudahan hadirnya berbagai inovasi produk dan jasa yang tersedia membuat hidup kita makin mudah dimana segala produk dan jasa yang ada tersebut dapat dipilih sesuai kebutuhan kita.

Salah satunya adalah dengan hadirnya beberapa pilihan E-Commerce yang memudahkan kita sebagai konsumen untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari tanpa harus pergi keluar rumah atau kantor. Cukup belanja online, kita tidak perlu mengeluarkan ongkos transport dan waktu extra dikemacetan menuju toko. 

Selain itu, keuntungan dari berkembangnya bisnis online melalui E-Commerce juga dirasakan oleh pengusaha besar maupun usaha kecil menengah. Terutama pengusaha UKM tidak perlu lagi memikirkan biaya besar untuk membuka toko fisik, dimana dengan berbisnis online mereka dapat merasakan profit usaha sesuai target yang sama halnya dengan memiliki toko offline.

Salah satu hal yang membanggakan bagi saya, seiring dengan marak hadirnya E-Commerce marketplace, pengusaha muslim juga turut ikut serta hadir dalam bisnis ini.

ISLAM, sebagai agama yang rahmatan lilalamin, yaitu agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, telah mengatur dengan baik berbagai 'pakem' dalam hidup, termasuk bisnis, keuangan dan haram atau halalnya sesuatu.


Bicara tentang Halal dan Haram, berikut adalah beberapa ayat dalam Al Qur'an mengenai 'pakem' dari halal dan haram untuk kita jadikan pedoman dalam kehidupan kita :

1. QS Al Baqarah: 168
يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”
 
2. QS Al Baqarah: 172 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُلُواْ مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُواْ لِلّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.
Di dalam ayat ini, Allah mengulangi kembali agar memakan makanan yang baik, sebagaimana yang ditegaskan dalam ayat 168. Selanjutnya Allah menyeru agar selalu bersyukur terhadap nikmat-Nya jika benar-benar beribadah dan menghamba kepada-Nya.

3. QS Al Baqarah: 173
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ ۖ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلَا عَادٍ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4. QS Al Qashas:77
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (al Qashash: 77).

5. Q.S Al-Baqarah : 275
اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَوا لَايَقُمُوْنَ إِلّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبُّطُهُ الشَّيْطَنُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُو اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْل الرِّبَوا
وَاَحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَوا
Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran tekanan penyakit jiwa (gila). Keadaan mereka yang demikian itu disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah SWT telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba" 

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa Halal adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam ISLAM. Pasangan halal adalah thayyib yang berarti 'baik'.

Suatu makanan dan minuman tidak hanya halal, tetapi harus thayyib; apakah layak dikonsumsi atau tidak, atau bermanfaatkah bagi kesehatan. Halal sebagai salah satu dari lima hukum, yaitu: fardhu (wajib), mustahab (disarankan), halal (diperbolehkan), makruh (dibenci), haram (dilarang).


Duniahalal.com (photo courtesy : masdede.com)

DuniaHalal.com
Sebagai muslim yang berusaha taat pada perintahNya, kita dapat bergembira, lega dan tenang, dengan hadirnya Duniahalal.com yaitu E-Commerce marketplace berbasis halal di Indonesia.


PT. Galaksi Dunia Halal didirikan pada Januari 2017. DuniaHalal.com meng-claim sebagai E-Commerce marketplace berbasis halal pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai produk halal, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Galaksi Dunia Halal, Bapak Ndang Sutisna.

Semua proses verifikasi produk yang disediakan di DuniaHalal.com wajib memiliki sertifikasi halal dari MUI. Untuk produk hasil UKM yang belum bersertifikat halal, akan diverifikasi langsung oleh tim dari DuniaHalal.com ke pabrik pembuatan, dimana bahan-bahan hingga proses pembuatan produk diverifikasi dan dilakukan pengecekan sebelum diizinkan untuk dipasarkan melalui DuniaHalal.com. Makin yakin ya kalau produk yang disediakan pasti halal.


Bapak Agung Sr, Managing Director DuniaHalal.com , mengatakan Indonesia memiliki pangsa pasar produk halal yang sangat besar yaitu 261 juta jiwa penduduk Indonesia, dimana 80% nya adalah muslim. Salah satu program andalan dari Duniahalal.com adalah kerjasama dengan Masjid - masjid di Indonesia, dimana pengelola Masjid dapat memperoleh berbagai kebutuhan untuk Masjid dengan harga khusus dan lebih menguntungkan daripada harga retail.

Ki-Ka : Bp.Agung Sr, Bp.Prof.Dr.KH. Ahmad Satori MA, Bp. Ndang Sutisna, Bp.Valentino Dinsi

Konsumen memiliki berbagai kemudahan dengan berbelanja di Duniahalal.com dimana dengan mengunjungi situs lewat ponsel, konsumen dapat membeli berbagai produk halal mulai dari Fashion, Makanan, Minuman, produk herbal, elektronik, kebutuhan ibu dan anak, rumah tangga, lukisan, kaligrafi, hingga otomotif.

Selain itu juga tersedia kebutuhan ibadah, wisata halal seperti paket umrah dan haji plus. Terdapat pula layanan pembelian pulsa, listrik, PDAM, BPJS, transaksi PPOB (payment point online bank) dan lainnya.





Bapak Agung Sr menambahkan "untuk tahun pertama duniahalal.com menargetkan memiliki sebanyak 100ribu produk dengan nilai transaksi sebesar Rp1 Triliun". Diharapkan duniahalal.com dapat diterima masyarakat, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dan semakin membangkitkan ekonomi umat dan negara Indonesia melalui support kepada bisnis UKM.


Bismillah.
Yuk teman-teman ingin belanja yang dijamin halal? di duniahalal.com saja ^^

Thank you for reading
Salam
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ الرِّبَا أَضْعَافاً مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ . وَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)


Sumber: https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ الرِّبَا أَضْعَافاً مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ . وَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)


Sumber: https://muslim.or.id/574-riba-jahiliah.html

14 comments:

  1. Mba wiiit.. lengkap banget ulasannya keren pakai dalil tentang halal haram 😊👍🏻 emang penting banget yaa segala sesuatu yang halal demi keberkahan hidup kita.. salut buat duniahalal.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin dibilang keren hehehe.. iya Alhamdulillah makin banyak e-commerce berbasis halal ya.. senang ^^

      Delete
  2. Moga ke depan dunia halal semakin lengkap ya, mb. Jadi mau transaksu dll.. ke duniahalal.com aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semoga makin lengkap dan terjamin kehalalannya.

      Delete
  3. Pas banget deh belanja sekarang udah bisa dimana aja tanpa harus ke store apalagi duniahalal pasti produknya halal jadi udah gak khawatir lagi pasti aman.

    ReplyDelete
  4. Bagus yah acara nya, emang yah yg halal itu penting banget buat keberkahan hdp kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus bisa sekalian dapat tausiah tentang hidup berkah

      Delete
  5. zaman sudah semakin canggih dan menuju era digital, urusan halal-haram tetap jangan sampai disepelekan ya. Alhamdulillah untunglah ada duniahalal.com yang memudahkan kita sebagai muslim mendapatkan produk yang halal.:)tfs mba

    ReplyDelete
  6. Aku pilih yg halal, dalilnya pun sudah jelas di blog ini. Mantap! 😀👍🏻

    ReplyDelete
  7. Saya ikut menyambut baik keberadaan marketplace ini mbak, moga makin banyak umat muslim yg memanfaatkannya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin iya hati tenang belanja senang yaa ^^

      Delete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.