Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, August 19, 2017

Quality Time untuk Hidup Lebih Bahagia bersama Lrt City


Assalamualaikum dear friends? apa kabar? 
semoga sehat selalu ya?
atau jangan-jangan lagi stress dengan kemacetan dijalan? 
Duh, mungkin sudah bosan ya kita sebagai warga kota Jakarta dan sekitarnya membahas tentang macet dan penyebab masalah klasiknya yaitu tidak adanya kendaraan umum masal yang layak bagi rakyat Jakarta sebagai solusi kemacetan dan kelelahan berkendara di Jakarta.  

Macet oh macet...
Berdasarkan data dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), pada tahun 2016, jumlah kendaraan dari Bogor  sejumlah 426.000 unit (31%) ,  Tangerang sejumlah 423.000 unit (31%) dan Bekasi sebanyak 571.000 unit (38%) , dengan total 1,4Juta/hari setiap harinya datang ke DKI Jakarta. Bisa dibayangkan betapa padatnya kota Jakarta dan kemacetan yang ada dengan penumpukan kendaraan sebanyak itu. Kemacetan ini menimbulkan kerugian hingga Rp.28,1 triliun per tahun. Bukan hanya kerugian materiil tapi juga tingkat kualitas hidup masyarakat yang makin menurun dan stress level yang makin meningkat.

kemacetan di Jakarta
Walau sebelumnya 'angin surga' hadir di telinga kita dengan proyek Monorail sebagai solusi kemacetan di Jakarta namun pada akhirnya rakyat kembali harus 'legowo' karena proyek Monorail tidak jadi dibangun.

Secercah Harapan Bernama LRT
Setelah proyek Jakarta Monorail yang urung dibangun, pemerintah kembali memberikan harapan solusi baru dengan hadirnya proyek MRT Jakarta dan Jakarta LRT.
LRT yang merupakan akronim dari Light Rail Transit adalah sistem transportasi massal dengan kereta api ringan (LRT). Daya tampungnya kurang dari MRT atau KRL. Setiap rangkaian kereta hanya bisa mengangkut maksimal 628 orang penumpang, sedangkan MRT atau KRL setiap rangkaian keretanya (terdiri dari 8 hingga 10 kereta) sanggup mengangkut 2.000 penumpang.

Perbedaan MRT, KRL dan LRT (source : detik.com)
Proyek Jakarta LRT yang mengintegrasikan transportasi masal berupa LRT didalam kota Jakarta, juga turut menghadirkan rute LRT Jakarta ke daerah sekitarnya Bekasi, Depok dan Bogor. Untuk pembangunan proyek terbagi dua yaitu pembangunan proyek oleh Pemprov DKI dan pembangunan proyek LRT oleh Adhi Karya. PT. Adhi Karya (Persero),Tbk adalah perusahaan publik yang bergerak dibidang konstruksi dan telah berdiri sejak tahun 1960.

Jalur LRT Jabodebek oleh PT. Adhi Karya (Persero),Tbk.
Perjalanan panjang 57 tahun PT.Adhi Karya (Persero),Tbk.
Proyek LRT yang akan dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (persero)Tbk terdiri dari enam rute, yaitu:
  • Cawang – Cibubur
  • Cawang – Kuningan – Dukuh Atas
  • Cawang – Bekasi Timur
  • Dukuh Atas – Palmerah Senayan
  • Cibubur – Bogor
  • Palmerah – Grogol / Bogor
Direncanakan proyek LRT akan selesai dan dapat digunakan pada tahun 2019. Mari, kita doakan bersama agar proyek LRT Jakarta lancar dan terealisasi dengan baik yang teman-teman. Aamiiin Allahuma Aamiin (super kenceng aamiin nya).

Rute LRT Jakarta
Sebelum saya menulis lebih lanjut tentang LRT, saya ingin share sedikit tentang ilmu psikologi yang saya dapatkan saat mendengarkan talkshow dengan tajuk "Quality Time untuk Hidup Lebih Bahagia" di LRT City Blogger Gathering, JCC Senayan, pada Senin, 14 Agustus 2017 lalu.

Speaker dari talkshow kali ini adalah Bunda Tika Bisono, psikolog profesional yang jam terbangnya sudah tidak diragukan lagi. Selain itu juga hadir dalam talkshow, lifestyle blogger, Nuniek Tirta, yang turut berbagi pengalaman hidup di ibukota yang keras ini.

Ki-Ka : Bp. Setya Adji (PT.Adhi Karya), Mba Nuniek Tirta, Bunda Tika Bisono & MC super kocak :D
Hidup Lebih Bahagia.
Kemacetan. Seberapa besar dampak kemacetan terhadap kamu? Saya mengalami sendiri dulu sewaktu masih bekerja sebagai karyawan, jam masuk kantor adalah jam 8, toleransi terlambat 1 jam. Sampai kantor lewat dari jam 9 ? potong gaji! Jadi, saya harus menyediakan waktu setidaknya 2-3 jam untuk bisa sampai kantor tepat waktu. Berangkat paling lambat jam 6 pagi agar bisa sampai kantor sebelum jam 9. Lewat dari itu saya pasti kena macet dan stress. Tiba di kantor terburu-buru takut terlambat dan panik.

Sekarang sebagai seorang Freelance blogger dan pengusaha, tentunya saya sedikit memiliki keleluasaan dalam mengatur waktu. Walau begitu, untuk menghadiri undangan atau meeting dengan client, saya tetap harus menyediakan waktu 2-3 jam untuk perjalanan dari rumah saya di Jatiwarna agar tidak terlambat.

Bagaimana akibatnya jika seseorang terus menerus mengalami stress akibat kemacetan?
Menurut Bunda Tika, seseorang butuh Penyaluran. Untuk menyalurkan stressnya tidak mungkin dilakukan dikantor, karena di kantor kita perlu tampil baik-baik saja khan-jaimlah :D. Maka itu, yang terkena imbasnya kemudian adalah keluarga yang ada dirumah.

Atau, untuk menghindari kemacetan, kita mampir dulu ke cafe untuk ngopi atau hangout bersama teman-teman. Lalu akhirnya, kita capek, sampai rumah semakin malam, tidak ada kesempatan untuk ngobrol dengan pasangan. Setiap hari seperti itu. Ujungnya yang terjadi adalah terganggunya hubungan dengan pasangan dan keakraban dengan anak.

Pentingnya Quality Time.
Dengan beban psikologis yang dialami kita sebagai kaum urban, bunda Tika menyatakan perlunya ada Quality Time, waktu untuk berbahagia dengan pasangan, anak dan keluarga atau untuk diri sendiri. Misalkan untuk piknik bersama atau olahraga bersama. Dengan adanya pemenuhan Quality Time, dapat menciptakan hubungan yang kuat dengan keluarga. Sehingga dapat mengurangi level stress pada diri kita.

Berikut beberapa tips dari Bunda Tika Bisono untuk memperoleh Quality Time bersama keluarga :
1. Makan malam bersama keluarga dengan menu yang sehat.
2. Larangan Gadget ( TV dan handphone) selama makan malam bersama.
3. Berbincang tentang topik ringan, jangan gunakan untuk membahas kesalahan anak.
4. Bertanya tentang aktivitas hari itu, bagian terbaik maupun terburuknya.
5. Membantu anak mengerjakan PR sekolah
6. Komunikasi yang baik menghasilkan hubungan yang baik, No arguing.

Selain itu, tips jitu untuk memiliki hubungan yang baik dengan pasangan adalah kembali melakukan hal-hal yang dilakukan selama pacaran dulu. Misalkan, menelfon pasangan di jam istirahat. Sekedar untuk menanyakan kabar, atau 'sudah makan belum?'

Bunda Tika menceritakan bahwa, keluargalah yang paling penting, jadi walaupun, in the middle of meeting Mr.President sekalipun, jika ada telfon dari nomor Suami, Anak, ART, Supir, wajib diangkat, didengarkan. Hal itu hanya akan membutuhkan waktu 1-5 menit tapi setiap anggota keluarga akan merasa kebutuhannya untuk berkomunikasi tersalurkan.

Mba Nuniek Tirta, juga menyampaikan jika sudah dirumah terutama selama weekend, handphone akan di switch off. Selama berkumpul bersama keluarga perhatian penuh akan diberikan kepada pasangan dan keluarga.

Intervensi Lingkungan
Alangkah baik jika telah ada manajemen stress pada diri kita sendiri, namun kadang hal itu tidak terjadi pada orang lain. Disitulah perlu adanya lingkungan yang diintervensi secara positif yang akan mempengaruhi mahluk hidup, siapapun dia yang ada di lingkungan itu.

Berbicara tentang intervensi lingkungan, tentu tak lepas dari peran pemerintah dalam mengatasi kemacetan di ibukota dan sekitarnya. Disinilah kita berharap dari pemerintah akan adanya perbaikan pada commuter line, bus transjakarta, dan terwujudnya pembangunan LRT yang akan menjadi solusi jangka panjang dari kemacetan yang sudah merugikan baik materil maupun moril.

Maket LRT City

LRT City
Layaknya kota metropolitan, Jakarta memerlukan kawasan yang dikembangkan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) sebagai solusi akan kondisi kemacetan yang ada. TOD adalah suatu kawasan hunian maupun komersial, yang terintegrasi dengan sistem transportasi masal. Konsep TOD adalah konsep penataan kota yang dinilai paling tepat untuk solusi jangka panjang masyarakat Jakarta.

Dengan konsep yang mengedapankan Connect, Compact, Transit, Mix, Shift, Walk, densify dan Cycle, kawasan TOD akan menjadi solusi bagi masyarakat kaum urban di Jakarta dan sekitarnya.

TOD Concept

PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, melalui Department TOD dan Hotel, mengembangkan kawasan dengan konsep Transit Oriented Development dengan nama LRT City. Dengan pendekatan pengembangan kota yang bersifat kompak, mengadopsi tata campuran (mixed use), memaksimalisasi penggunaan angkutan masal LRT dengan dilengkapi jaringan prasarana pejalan kaki dan sepeda.

Bapak Setya Adji Pramana, Project Manager Eastern Green, salah satu project LRT City yang terletak di Bekasi mengatakan :
" Pengembangan LRT City ini merupakan upaya PT. Adhi Karya (Persero) Tbk untuk memberikan kehidupan dan peradaban baru bagi masyarakan kaum urban di Jakarta dan kaum suburban didaerah penyangganya. Kami memiliki beberapa lahan yang berlokasi di titik nol kilometer stasiun LRT Jabodetabek dan itu yang kami kembangkan untuk menjadi kawasan hunian dan komersial. Ini merupakan solusi yang kami tawarkan kepada masyarakat agar kaum suburban bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas, karena terbebas dari problem kemacetan yang semakin parah."

Beberapa proyek LRT City yang sedang dikembangkan oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk antara lain :
1. LRT City Bekasi - Eastern Green
Berada 0km dari LRT Bekasi Timur, Eastern Green menawarkan hunian apartment kelas premium dengan 3 type kamar yaitu tipe studio seluas Semi gross : 27.21m , tipe 1 Bedroom seluas SG : 38,43m dan tipe 2 bedroom seluas 50,51m. 

3 tipe unit di eastern green

 
peta lokasi eastern green

Penghuni dapat mengakses LRT Bekasi Timur dengan berjalan kaki karena berlokasi persis didepan apartment Eastern Green. Kawasan LRT City Bekasi menyediakan Mall, Cinema, Commercial area, Plaza / landscape, Gym & Spa, dan Swimming Pool.

Harganya berapa?
Penasaran dengan harga unit di Eastern Green? ini bocorannya harga pembukaan (belum discount) untuk type studio dimulai dari 500 Juta Rupiah, dan harga untuk type 2 Bedroom menghadap swimming pool adalah 977 Juta Rupiah. Terdapat skema pembayaran hard cash, soft cash (cicilan hingga 46x) dan KPA (Kredit Pemilikan Apartment).

Saat ini baru Eastern Green yang telah memiliki publish pricelist unit dan bisa memilih unit, sedangkan untuk 4 LRT City yang lain baru dalam tahap booking fee untuk mendapat antrian memilih unit.  
 
Maket Eastern Green Bekasi Timur


 2. LRT City Jaticempaka - Gateway Park
Apartment Gateway Park terhubung langsung dengan stasiun LRT Jaticempaka. Gatewark Park menawarkan  3 type kamar yaitu tipe studio seluas Semi gross : 24.5m , tipe 1 Bedroom seluas SG : 36,75m dan tipe 2 bedroom seluas 49.00m. LRT City Jaticempaka akan menyediakan berbagai fasilitas antara lain swimming pool, function room, mushalla dan playground

Gateway Park
3 tipe unit Gateaway Park dan peta lokasi

3. LRT City Sentul - Royal Sentul Park
Apartment Royal Sentul Park terhubung langsung dengan stasiun LRT Sentul. Royal Sentul Park menawarkan  3 type kamar yaitu tipe studio seluas Semi gross : 22.7m , tipe 1 Bedroom seluas SG : 33,00 m dan tipe 2 bedroom seluas 52.0m. LRT City Sentul akan menyediakan berbagai fasilitas antara lain infinity swimming pool, iconic skylight garden, family playground, jogging track, ramp garden, butterfly garden dan fasilitas lainnya. Selain apartment, Royal Sentul Park juga menyediakan kawasan Ruko yang terhubung langsung dengan stasiun LRT Sentul.

Maket Royal Sentul Park
Maket Royal Sentul Park dari sisi belakang
3 tipe unit Royal Sentul Park dan denah lokasi

Denah Kawasan Ruko di Royal Sentul Park

4. LRT City Ciracas - Urban Signature
Apartment Urban Signature terhubung langsung dengan stasiun LRT Ciracas. Urban Signature menawarkan  3 type kamar yaitu tipe studio seluas Semi gross : 24.5m , tipe 1 Bedroom seluas SG : 36,75m dan tipe 2 bedroom seluas 49.00m. LRT City Ciracas akan menyediakan berbagai fasilitas antara lain swimming pool, function room, mushalla dan playground. Lokasinya akan dekat dari Taman Mini Indonesia Indah, Jkt International Korea School dan RS. Bina Mulya.

Maket Urban Signature

Urban signature

3 Tipe Unit Urban Signature dan Lokasi nya
5. LRT City MT Haryono
LRT City MT Haryono Cawang terhubung langsung dengan stasiun LRT MT Haryono. Saat ini sedang dalam proses pengembangan plan. Tentunya juga akan turut menghadirkan kawasan dengan konsep TOD

Me with Bunda Tika Bisono & Bp. Setya Adji dari Adhi Karya

Jadi bagaimana teman-teman? sudah siap menjadi 'Elartizen' (panggilan untuk masyarakan LRT City) ? ingin pilih apartment LRT City dimana? semoga dengan terealisasinya proyek MRT Jakarta dan LRT Jakarta serta LRT City yang dihadirkan oleh PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, akan dapat menjadi solusi untuk memperoleh hidup berkualitas dan lebih bahagia bagi kita masyarakat urban Jakarta, Bekasi, Depok dan Bogor ya. Bye-bye macett . Senangnya bisa #cepatdirumah ^_^

Thank you for reading
Salam.
Ngobrol bersama Aie
with Bunda Tika Bisono

17 comments:

  1. Harapan saya sih proyek LRT bisa beroperasi sesuai target dan ngga molor apalagi gagal seperti monorel. Proyek ini berdampak sangat signifikan sebagai solusi bebas macet bagi penduduk Jabodetabek yang setiap hari beraktifitas di Ibukota. Apalagi ditunjang pembangunan properti hunian apartemen yang nantinya berada di lokasi strategis dekat dengan stasiun MRT - LRT akhirnya membuat kehidupan masyarakat lebih dinamis dan mudah.

    ReplyDelete
  2. sdh terbayang kalau jadi , aku mau coba juga walau bukan org jkt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jadi seneng banget ya kita pasti akhirrnyaaa

      Delete
  3. Aku udah ngalami macetnya jakarta - bogor waktu abis lebaran kemarin. Dua jam perjalanan pakai mobil dari bogor mau ke jaksel. Kalo udah ada mrt yang menghubungkan jkt bogor asik kali ya. Warga bovor yg kerja di jakarta nggak pusing tiap hari.

    ReplyDelete
  4. Nice share mba witaaaa... aku baru paham sekarang bedanya MRT dan LRT hehe smoga cepet rampung yaaa dan jakarta berkurang macetnyaaa :D Apartment nya juga cihuy tuh kayaknya jadi pengen hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cihuy ni tinggal jalan kaki ke lrt dekat banget

      Delete
  5. Mami, sebagai warga Jakarta yang tetep aja macet walau kantor deket memyambut baik banget deh rencana pemerintah membangun sistem transportasi terpadu.

    LRT city bisa menjadi pilihan bijak bagi para pendatang ataupun keluarga muda yang bekerja di Ibu Kota ini.

    Macet hilang Quality Time datang 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga ya bisa segera jadi dan lancar

      Delete
  6. Semoga dengan adanya moda transportasi yg beragam, akan mengurai macet Jakarta, dan yg penting ketersediaan & kemudahannya terjamin. Kalau ngga gitu mah pasti orang2 tetep males & tetep milih kendaraan pribadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emberr, kalau sudah jadi tapi masih lambat dan kaya ikan pepes didalamnya sih sama aja ya. semoga bagus professional dan standard safetynya bagus

      Delete
  7. pengen aku mba punya satu aja... yang di bekasi timur atau di sentul juga boleh :)

    ReplyDelete
  8. Jadi LRT City itu banyak? aku pikir cuma yang ada diciracas aja. Menarik sin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada banyak ternyata, pas diinvite aku kira mau bahas proyek LRT ternyata ada properti nya juga yang dekat LRT

      Delete
  9. Kalo mau pesen NUP kontak kemana ya mba?

    ReplyDelete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.