Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, December 8, 2016

Review Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (BTDLA 2)

Assalamualaikum Dear Friends,

Kali ini saya ingin mereview Film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 yang saya tonton premiernya bersama teman-teman indonesian hijab blogger (IHB) kesayangan, 3 desember 2016 lalu.

Setelah sukses memperoleh inspirasi dari Film Bulan Terbelah di Langit Amerika (1) yang sudah saya tulis reviewnnya disini. Tentunya saya bersemangat dan penasaran dengan BTDLA 2, ingin menontonnya dan berharap sama menginspirasinya seperti BTDLA1.


Film diawali dengan adegan era revolusi kebudayaan China oleh pemimpin komunis Mao Ze Dong. Dimana para serdadu revolusi China Komunis, melakukan penindasan dan kekerasan.  Tergambar seorang pria China Muslim beserta dua anak laki-laki dan satu perempuan nya bermaksud untuk melarikan diri dan memulai perjalanannya menggunakan sebuah kapal dan dengan terpaksa meninggalkan istri dan ibunya dengan perasaan penuh haru. Sampai pada scene itu, imajinasi saya sudah mulai terbangun dan memunculkan pertanyaan, apa yang sebenarnya terjadi antara Etnis China dan Muslim? 


Selanjutnya, hadir sosok Rangga & Hanum sebagai tokoh utama dalam film ini. Dalam film ini, kisah Hanum dan Rangga berlatar di kota San Fransisco. Konflik pada kisah Hanum & Rangga ada saat Hanum menerima telfon dari Gertrude. Percakapan telfon itu tak lain adalah sebuah misi baru untuk Hanum yaitu mencari bukti terkait penemu benua Amerika sebelum Colombus, yaitu seorang China Muslim, Cheng Ho. Disisi lain, alasan utama Rangga dan Hanum pergi ke San Fransisco adalah untuk konsultasi ke dokter kandungan, mengingat Hanum yang saat itu belum dikarunia seorang anak. 


Lalu apakah Hanum berhasil menemukan  bukti terkait penemu benua Amerika sebelum Colombus, yaitu seorang China Muslim, Cheng Ho ? Bagaimana dengan program mendapatkan keturunan Hanum & Rangga, apakah berhasil ? Teringat juga bagi teman-teman yang sudah menonton BTDLA 1 , stephan (diperankan Nino Fernandez) sahabat Rangga yang "ateis" ditinggal oleh Jasmine kabur ke San Fransisco, kekasihnya yang sedang hamil disaat stephan akhirnya sadar bahwa dia mencintai Jasmine (diperankan oleh Hannah Al Rasyid). Bagian scene Stephan dan Jasmine ini menurut saya menjadi scene yang menghibur karena lucu. ^_^

Film ini entah kenapa memiliki momen yang pas dengan adanya isu permasalahan perbedaan SARA di negeri kita. Kesimpulannya adalah bahwa memang selama ini kaum Muslim tidak pernah memiliki permasalahan dengan Etnis Cina. Bukan etnis Cina yang dipermasalahkan, melainkan justru sikap kasar dan kekejaman yang diwarisi oleh komunislah yang ditunjukkan oleh segelintir oknum di daratan Cina, yang dipermasalahkan.

Setelah mengetahui fakta bahwa jauh sebelum Colombus ternyata ada orang lain yang menemukan benua Amerika yaitu merupakan seorang pelayar China beragama muslim membuat saya tersadar bahwa Islam dan China bukan lah sebuah kelompok yang saling bersebrangan. Karena nyatanya, Cheng Ho merupakan sosok seorang Cina Muslim penemu sebuah benua yang mana benua tersebut menjadi salah satu benua yang disegani karena berbagai kehebatannya. Dan hal yang paling penting, setelah keluar dari teater bioskop, rasa bangga dan cinta saya kepada agama rahmatan lil ‘alamin ini semakin besar hingga tak terbendung rasanya. Agama Islam merupakan agama yang tinggi dan mampu meninggikan derajat bagi setiap pemeluknya. 

Yuk, bagi yang penasaran dengan film ini, BTDLA 2 sudah tayang tanggal 8 desember 2016 ini dibioskop-bioskop kesayangan kita.

Setelah menonton sayapun bertemu dengan beberapa pemain, termasuk bertemu Mas Rangga dan Rizal Mantovani (Sutradara BTDLA). Gercep foto bareng tentunya. He-he-he.

Thank you for reading.
Salam.


Me, Yeye, Listia and Hannah Al Rasyid

Nino Fernandez and I

Another pic with Nino
with Mas Rangga
with Rizal Mantovani
Terimakasih pak suami,ngizinin me time nonton BTDLA 2, pak suami nonton bola bareng.
IHBlogger kesayangan ^_^

5 comments:

  1. Jadi penasaran banget mw nonton..lihat keterkaitan itu.. Tak kirain yg nemuin pertama it orang arab...ternyta Cheng Ho ya..

    Hemmm..penasran deh

    ReplyDelete
  2. Aku sudah nonton yang pertama, penasaran dengan yg kedua.. :)

    ReplyDelete
  3. Klo uda ntn yg pertama.wajib bgt ntn yg kedua yaa kyanya nih mba witha

    ReplyDelete
  4. Kyknya bagus emang ya filmnya jd penasaran :D

    ReplyDelete
  5. wah belum sempet nonton :(
    dan makin penasaran soalnya udah nonton film yang pertamanya

    ReplyDelete

Hi! share your stories here