Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, October 25, 2016

Belajar tentang Khasiat Buah Kiwi di #BloggerGatheringZespriID

Assalamualaikum Friends? apa kabar ? semoga sehat selalu ya..

Setelah membahas tentang pentingnya vitamin D di event #SolehaMeetsBlogger disini, sekarang saya ingin sharing informasi berbagai hal tentang vitamin C dan vitamin lainnya yang saya dapat dari event #BloggerGatheringZespriID .


Mempertahankan kesehatan tubuh amat penting. Disaat usia masih 20an seingat saya, saya jarang deh sakit-sakitan, mau melakukan apapun hayuk saja. Naik turun roller coaster belasan kali di Dufan pun hajarr. Ha-ha-ha. Memasuki usia 30 tahun plus seperti sekarang, mulai terdapat tanda-tanda penuaan dan penurunan metabolisme tubuh. Salah satu tandanya adalah mudah lelah dan makan sedikit kok jadi cepat gemuk ya? (curcol ;p)

Untuk itu selain gaya hidup yang sehat seperti tidur cukup dan olahraga rutin, tubuh juga perlu asupan makanan yang memadai, untuk tetap sehat dan dapat menghalau radikal bebas.  Radikal bebas dapat diperoleh dari merokok (walaupun pasif), polusi hingga makanan yang kita  konsumsi.

Bagaimana cara menghalau radikal bebas?

 
Jawabnya adalah seimbangkan dengan Antioksidan. Ketika antioksidan bereaksi dengan radikal bebas, terbentuk radikal bebas yang baru, yang lemah dan tidak membahayakan.

Darimana memperoleh antioksidan ? yaitu melalui konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan vitamin E.

Vitamin C. Kalau bicara tentang Vitamin C pasti yang terfikir oleh kita adalah buah Jeruk. Ternyata selain jeruk ada yang kandungan vitamin C nya lebih tinggi yaitu buah Lemon. Dan selain Jeruk dan Lemon yang sudah amat terkenal kaya akan vitamin C, ada lagi yang lebih tinggi kandungan vitamin C nya  yaitu buah Kiwi. Berikut hasil riset perbandingan kadar vitamin C pada berbagai macam buah.

Kandungan Vitamin C pada berbagai buah.
Ternyata, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C 3x lebih banyak dibandingkan jeruk dan lemon. Jadi, untuk kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan setiap hari, kita hanya perlu mengkonsumsi 2 buah kiwi perhari.

Nah bagaimana kalau kita juga sudah mengkonsumsi berbagai suplemen, apakah akan terlalu banyak jika makan 2 buah kiwi sehari atau kalau suka banget bisa sampai 3? Jangan khawatir karena kiwi mengandung  vitamin C yang larut air, sehingga kelebihan tersebut akan terbuang  melalui urine. Apalagi Kiwi juga mengandung serat yang tinggi, yang baik untuk pencernaan dan mengatasi sulit buang air besar.

Vitamin E. Selain vitamin C, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dan berfungsi juga sebagai antioksidan adalah Vitamin E. Vitamin E dibutuhkan untuk kebaikan kulit, kesuburan, meminimalkan resiko kanker dan jantung koroner. Vitamin E dapat diperoleh dari berbagai macam buah seperti hasil riset dibawah ini :
kandungan vitamin E pada berbagai macam buah.
Ternyata buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin E yang lebih tinggi dari buah-buah lainnya ya. Terutama Kiwi Gold.

Dr. Fiastuti Witjaksono.SpKG menyampaikan bahwa selain vitamin C dan vitamin E buah kiwi juga memiliki kandungan Asam Folat dan Potasium yang tinggi. Untuk para ibu pasti familiar deh dengan asam folat, karena asam folat dibutuhkan untuk mencegah kelainan syaraf pada janin, juga bagi perkembangan otak dan kognitif anak-anak. Dan potasium memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Kandungan potasium pada kiwi sama dengan pisang namun kiwi hanya memiliki setengah kalorinya.

Kelebihan lain dari Kiwi adalah meningkatkan kekebalan tubuh dimana dapat mengurangi radang dan menekan virus yang berkembang ditubuh. 

dr. Fiastuti Witjaksono, yang masih terlihat fresh diusianya.
me & my kiwi.

Kiwi Zespri - Sweeter Thank You Think.
Beberapa kali makan kiwi kok rasanya asam yaa? Jangan khawatir, mungkin selama ini kita salah memilih buah kiwi karena pada dasarnya kiwi itu buah yang manis. Bagaimana caranya ? Berikut tips dari Mba Anastasya Damayanti selaku Marketing Manager Zespri :
Cara memilih buah kiwi Zespri®  yang sudah siap santap adalah dengan menekan bagian atas dengan ibu jari, dan menekan badan buah dengan jari lainnya. Jika terasa lunak, maka buah kiwi sudah manis dan bisa dimakan. Tapi jangan dibiarkan terlalu lunak ya, nanti malah kurang bagus kualitasnya. Selain itu, kematangan buah juga dapat dideteksi dengan warna buah. Warna buah kiwi yang lebih gelap menunjukan tingkat kematangan dan kemanisan yang lebih tinggi.  

Nah, jadi jangan khawatir, buah kiwi tidak asam, asalkan pilih dalam kondisi tepat ^^ . 



Tentang Zespri International
Mba Anastasya (Marketing Manager dari Zespri) menyampaikan bahwa Zespri International adalah perusahaan asal New Zealand yang memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara, Jepang dan Asia Pasifik dan telah memasarkan buah kiwi ke lebih dari 54 negara didunia.

Merk Zespri menerapkan Zespri System, yaitu sistem supply chain berkesinambungan yang ramah lingkungan dan alami. Mulai dari proses  pengembangan varietas kiwi, proses penanaman sampai dengan pengiriman, semua dilakukan dengan cara alami. Zespri system menawarkan jaminan keamanan produk kiwi alami berkualitas dengan rasa yang lezat. Jadi kita  tidak perlu khawatir lagi ya dengan kualitas Kiwi merk Zespri.


Buah kiwi juga dapat digunakan sebagai dressing makanan lho, selain sehat juga cantik dengan warna hijaunya. Seperti foto berikut :

Cemilan enak dan sehat
Sebaiknya, kiwi diletakkan sesaat sebelum makanan dihidangkan, dan kiwi jangan dipanaskan karena akan dapat mengurangi kadar nutrisi dari kiwi. Untuk mengkonsumsinya pun mudah cukup  dibelah dan di'kerok' menggunakan sendok ha-ha-ha (i can't think better words than dikerok :D, in english  scoop)

Setelah sesi edukasi, peserta diajak untuk praktek food photography oleh couple kece @myfunfoodiary, yang jagoan banget deh motret berbagai makanan atau hal lainnya. Kita diminta untuk menghasilkan foto-foto kece dengan menggunakan handphone, dan kiwi Zespri sebagai obyeknya. Bagus-bagus deh hasilnya, yah secara blogger handal semua ini yang hadir. Ha-ha-ha.

hasil photo menggunakan handphone diedit dengan snapseed.
Disesi terakhir pastinya foto-foto dong. Dan saat dikasi goodiebag ternyata isinya adalah 1 box kiwi Zespri, kurang lebih 10kg. Wahhh senangnya. Banyak stock buat 3 minggu cukup nih kayanya.

girang dikasi 10kg kiwi
So, the tagline, in my opinion, should change to :
2 Kiwis a day keep the doctor away. 
^_^
Thank you for reading
Salam

me with mamah @bemzkyyeye

Tetep foto OOTD ^^

12 comments:

  1. Hana suka banget sama kiwi zespri :D enak mba :D wah acaranya seru ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hana aku juga makin suka karena tau kandungannya yg luar biasa. Acara seru apalagi nambah info juga. Terimakasih Hana sdh mampir dan komen

      Delete
  2. Aku penasaran banget sama rasa camilannya mba :D kelihatan enak banget. Hasil fotonya pake hape juga bagus banget

    ReplyDelete
  3. Mami aku baru tau lho kiwi ada kandungan vit E daaaaannnnnnn aali nya kiwi bukan dari NZ Wkwkwkkkk. Awalnya nggak suka kowo habis asem lama lama malah ketagihan apalagi sekarang jadi tau deh bedain yang matang sama nggak. Sebelumnya ngitung kancing ama feeling aja mana yang matang hehehe.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau merk ini. Kapan2 klo ke supermarket beli kiwi merk ini aja kali ya biar ga dpt yg asem. Thanks tips memilih kiwinya Mba. Boleh dibagi donk itu klo 10kg nya kebanyakan. *ngarep* haha

    ReplyDelete
  5. Aku sukaaaaaaa Kiwi dr Zespri ini lho, enak!

    ReplyDelete
  6. Buah Kiwi identik dengan buah mahal ya mbak :)
    tapi kalau dilihat khasiatnya cukup worthed

    ReplyDelete
  7. aku baru tahu kegunaan asam folat lho mba wit,hehe. Asik bgt dah ah, dpt tips milih buah kiwi yg manis. Aku suka kiwi bangett.. thanks 4 sharing mba wit

    ReplyDelete
  8. Aakkk... inj harusnya aku adaaa.. huhuhu. Btw gw doyan lah kiwi ini. Mau ino atau yg kuning doyan pokoknya. Nyam..nyam..

    ReplyDelete
  9. Seger banget itu cemilannya masih seputar olahan kiwi ya witha.. hahahah aku malah fokus ke cemilannya :D

    ReplyDelete
  10. Aku suka kiwiii, dan selalu beli merek ini juga sih. Dan itu kenapa makanannya seperti dadah2 ingin disantap deh, hahaha.

    ReplyDelete
  11. Pulang2 bawa kiwi sekardus :)))
    Aku masih ada sampai sekarang lho kiwinya :) aweeet..

    ReplyDelete

Hi! share your stories here