Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, July 6, 2015

Ikut saya ke Beauty Professional Indonesia 2015, yuk ?!

Assalamualaikum, 

Kembali bicara soal kecantikan, hmm hal ini awalnya mungkin tidak jauh-jauh dari dunia wanita, namun sekarang ternyata kecantikan bukan hanya milik kaum hawa saja, para pria sekarang juga menyukai datang ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan tubuh. Contohnya tidak jauh-jauh yaitu suami saya, yang suka pijat full body atau pijat refleksi di salon, atau minimal cukur rambut, sampai hair coloring untuk cat ubannya di salon. He-he-he.

Saya sendiripun sejak SMP sudah hobi banget ke salon dan menghabiskan uang jajan untuk cuci blow, creambath, smoothing rambut (kalau ini sudah kuliah), dan sampai sekarang suka hair coloring juga (walau pakai hijab tapi kudu tetep kece didepan suami), dan hobi pijat-pijat disalon untuk melemaskan betis bekonde dan pinggang yang kaku-kaku. ^_^

Saat ini selain berusaha membesarkan fashion label RJ by Roswitha , saya juga bercita-cita memiliki usaha Salon dan Boutique dibawah brand House of Rosy. Tentunya cita-cita harus diiringi dengan strategi dan pemahaman mengenai industri yang ingin digeluti ya. Pucuk dicinta ulam tiba..saya dan beberapa rekan bloggers menerima invitation dari Indonesia Trade Exposition (ITE) selaku penyelenggara Beauty Professional Indonesia 2015 (BPI 2015), talkshow tentang beautypreneurship, etnowelnes, dan aesthetic& antiaging.
BPI 2015 Show preview
Apakah Beauty Professional Indonesia 2015 itu ? 

Ibu Patricia M. Priyatna selaku Director ITE menyampaikan saat ini industri hospitality kecantikan di Indonesia khususnya salon dan spa berkembang amat pesat dari berbagai kalangan, dimulai dari skala start up business, hingga scale up business, sehingga menjadi potensi yang amat baik bagi ITE untuk menyelenggarakan Trade Exhibition berskala international dengan tajuk Beauty Professional Indonesia 2015 (BPI 2015)
Ibu Patricia M.Priyatna

BPI 2015 yang untuk pertama kalinya di Indonesia melibatkan perusahaan-perusahaan di dalam industri kecantikan dari Indonesia dan mancanegara seperti Korea, Malaysia, Singapura, Taiwan dan Thailand. Setelah tahun-tahun sebelumnya sukses diadakan di Malaysia. Saya penasaran deh dengan produk kecantikan Korea, saya pernah coba milk masker dari korea dalam sekejap wajah langsung lembab bin kinclong, canggih banget!

Pada BPI 2015 juga terdapat berbagai peluang  di bidang Beautypreneurship bagi berbagai kalangan. Sebagai contoh, salah satu exhibitor adalah PT. Promodis Indonesia, dengan tagline nya bring bali home! pengunjung akan dapat menjadi salah satu distributor atas skincare dan parfumesnya. Atau kamu memiliki usaha salon yang termasuk didalamnya terdapat jasa Make Up akan dengan mudah memperoleh supplier untuk Fake Eyelashes, salah satunya brand Wink yang dapat menjadi supplier bisnis kamu. Selain itu juga terdapat berbagai kerjasama untuk bisnis Nail Art salon yang saat ini sedang booming. Hingga berbagai supplier alat kecantikan berteknologi tinggi dan mutakhir juga akan hadir pada BPI 2015. Dengan demikian kehadiran BPI 2015 ini akan turut meningkatkan omzet industri kosmetik Indonesia.

BPI 2015 ditargetkan untuk menghadirkan lebih dari 130 perusahaan, 250 merek produk kecantikan dari 15 negara yang akan menjumpai 5000 pengunjung selama 3 hari pameran. Uwah banyak sekali yaaa..sepertinya datang 1 hari saja tidak cukup untuk membedah seluruh peluang industri kecantikan yang ada. Mulai dari tenaga ahli kecantikan, manufaktur produk kecantikan, pemegang lisensi produk dan bisnis kecantikan, akan dipertemukan dengan target marketnya, yaitu pihak-pihak yang juga memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha kecantikan profesional baik taraf besar, menengah maupun rumahan. Bagi kamu yang belum memiliki usaha tapi memiliki minat pada industri kecantikan juga dapat menghadiri BPI 2015, seperti saya.^_^

Apakah pada BPI 2015 hanya menghadirkan exhibitor dengan jenis perawatan dan produk berteknologi tinggi ? 
Tentu tidak, BPI 2015 juga memberikan platform pada pengobatan dan ramuan tradisional Indonesia dengan rempah-rempah dan saat ini kembali diangkat dengan istilah Etnowelnes.

Di Indonesia sendiri, Etnowelnes digagas oleh Ibu Lourda Hutagalung, penggiat kecantikan tradisional yang juga pemilik Gaya Spa. Ibu Lourda menyampaikan :
"Indonesia dijajah oleh Belanda 350 tahun bukan untuk mencari minyak nya, bukan untuk emas nya khan? Tapi apa ? Untuk rempah-rempah nya. "
Betul juga, negara asing saja berbondong-bondong mengincar rempah-rempah hasil negara kita, sayang sekali jika kita sebagai "pemilik" rempah-rempah tersebut tidak mengembangkan, melestarikan atau justru memperoleh "benefit" bagi segi ekonomi atas kekayaan hasil tanah kita, tanah Indonesia tersebut. 

Saat ini, terdapat sembilan Etnowelnes Indonesia, yaitu :
1. Lulur Jawa 
2. Boreh Bali
3. Batangeh Minang - Sumatera Barat
4. Oukup Batak - Sumatera Utara
5. So'oso Madura
6. Batimung Banjar - Kalimantan Selatan
7. Bakera Minahasa - Sulawesi Utara
8. Bedda Lottong Bugis - Sulawesi Selatan
9. Tangas Betawi - Pada BPI 2015 akan ada training khusus spa Tangas Betawi mulai dari filosofi, teknis perawatan, hingga rempah-rempah yang digunakan.

Dengan adanya perawatan kecantikan tradisional atau Etnowelnes dari berbagai daerah di Indonesia , dapat memperlebar industri kecantikan tidak hanya pada sisi kesehatan dan bisnis saja, namun juga pariwisata, yang bisa disebut sebagai Health Tourism dan Aesthetic Tourism. 

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Beauty Profesional Indonesia (BPI) 2015 mewadahi kebutuhan pasar profesional produk dan perawatan kecantikan lokal dan internasional.

Saya pun mendapat kesempatan mencoba Spa Tangas Betawi. Dikatakan oleh Ibu Lourda spa tangas betawi adalah sebuah tradisi perawatan kecantikan tradisional yang meliputi ritual pijat, ritual lulur, dan ritual tangas atau diuap. Merupakan warisan dari budaya betawi yang umumnya keturunan dari Arab dan Cina, dimana pada zaman dulu wanita-wanita mencari cara untuk dapat mempertahankan "keharmonisan" rumah tangga terutama bagi yang telah "turun mesin" pasca melahirkan. Dan lahirlah pijat Pulen Legit yang merupakan bagian dari spa Tangas Betawi. Pijat ini dapat kembali "merapatkan" otot yang ehm..longgar pasca melahirkan. Hehehe.. Dan sukses membuat para suami klepek-klepek. :D

Serius pijatnya enak sekaliii, sungguh oke therapist saya di Gaya spa ini. Pada bagian memijat daerah ms.V memang agak kaget awalnya maka saya pun berusaha rileks saja, menikmati pijatan mba therapist saya, dan hasilnya menjadi enak dan rileks. Apalagi dengan suasana dan wangi aromatherapy diruangan menjadikan sesi spa tangas betawi menjadi enak sekali.. ^^  Alhamdulillah.
Ibu Lourda, owner Gaya Spa yang seru!

Wajah happy setelah mencoba Spa Tangas Betawi
Treatment room at Gaya Spa
Serius, kalau sering-sering enjoy life dengan pijat relaksasi seperti ini saya bisa awet muda deh hehehe.. Semua wanita pasti ingin kelihatan awet muda, pasti deh..sehingga pasar industri kecantikan Indonesia juga turut menyediakan berbagai perawatan Estetik dan Anti Aging. 
Menurut dr.Fairus,SpKK terdapat 5 Type Medical Aesthetic di Indonesia yaitu Botox, Dermafiller, IPL, Bedah Plastik dan Anti Aging. Seperti apa ya detailnya ? Berikut penjelasan dr.Fairus, SpKK :

1. Botox. Dalam dosis kecil, botox dapat merelaksasikan otot-otot wajah dan leher. Menghasilkan wajah yang tadinya berkerut karena tersenyum, cemberut, menangis menjadi lebih halus dan tidak berkerut. Selain itu juga dapat mengatasi keringat berlebih pada ketiak, telapak tangan, dan kaki. Hasil Botox dapat bertahan kurang lebih selama 3-6bulan.
Saya pernah lihat Kim Kardashian suntik botox kelihatan dan katanya sih sakit ya. Ada juga pepatah yang mengatakan "beauty is pain". Nah lho, pilih yang mana? Terserah kembali ke prioritas masing-masing. Yang penting sebelum melakukan perawatan kita perlu tahu manfaat dan resiko dari perawatan tersebut. 

2.  Dermafiller. Dermafiller ini dapat menghilangkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit, membuat kulit tampak lebih muda, menghilangkan kerutan, menghilangkan bintik-bintik coklat.

3. Intense Pulsed Light (IPL) . Perawatan yang mengatasi kerusakan kulit tanpa merusak permukaan kulit. IPL dapat mengatasi permasalahan kulit pada saat bersamaan dengan aman dan efektif, melalui proses yang disebut Photorejuvenation. IPL merupakan perawatan yang lembut -non ablatif, karena hanya menggunakan cahaya spektrum yang luas untuk memperbaiki permasalahan kulit. Sangat aman dengan kualitas yang memuaskan.

4. Bedah Plastik. Bermanfaat untuk memperbaiki kondisi pasien dengan kelainan tertentu sejak lahir, ataupun kecelakaan sehingga dapat meningkatkan percaya diri.
5. Anti Aging. Bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang sudah tidak berfungsi dalam tubuh, menjaga kesehatan dan imun tubuh. 

Intinya, menurut dr. Fairus,SpKK salah satu faktor penting yang dapat mempertahankan ke-awet mudaan kita adalah berfikir positif, memiliki hati dan fikiran yang tenang, hindarkan diri dari lingkungan dan orang-orang negatif. Betul Bu, saya setuju. ^_^

Namun begitu kita tetap wajib menjaga dan merawat kesehatan tubuh selama hayat masih dikandung badan, ciehh bahasanya..Let's be beautiful inside and out.

dr. Fairus, SpKK
Back to the business, siapa yang mau ikut saya datang ke BPI 2015 tanggal 30July-1 Agustus 2015 di Jakarta Convention Center? Yuukk mari kakak..

Thank you for reading.
Salam ^_^

Beauty Profesional Indonesia 2015
30 July - 1 Agustus 2015.
Jakarta Convention Centre, Jakarta, Indonesia
www.beautyprofessional.co.id

8 comments:

  1. Seger ya abis nyobain Tangas Betawi kemarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe mana oline menang live tweet pula pijat terus terusan yaa asik banget..

      Delete
  2. ishhh aku diundang juga tapi gak bisa dateng nih mak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak semoga bisa di kesempatan lain ya ^^

      Delete
  3. Pingin banget cobain pijatnya. Gue kan banci pijat hehehehhee... eh kalo mau belajar jadi therapist bisa ngga sih? Seriusan loh gue pingin belajar pijat begini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gw pun banci pijet juga. Bisa mez kalau mau belajar, coba hubungi ms jessy di 081 8123 848 atau ms rezi anwar di 021 2765 0942. Wah kalau dah jago mao dong mez gw hahaha tapi gw nya kayanya bakalan ngakak kalau loe yang mijet

      Delete
  4. kebayang enaknya dipijaat..mupeeeng hehehe...

    ReplyDelete

Hi! don't forget to comment. I really appreciate it.