Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, December 4, 2014

Pengen Punya Bisnis ? Mulai dari mana yaa??

Assalamualaikum wr.wb beautiful ?

Judul posting kali ini, pengen punya bisnis ? Mulai dari mana yaa? Saya coba share pengalaman saya ya..

Setelah lulus dari program Master of Business Administration, cita-cita saya tentunya bisa berkarier di Multinational company, sebagaimana "makanan" saya sehari-hari sewaktu kuliah S2 dimana selalu membahas Harvard Case study untuk memecahkan persoalan manajemen bisnis dari perusahaan-perusahaan multinasional. Setelah lulus saya sempat bekerja di perusahaan multinational berpusat di Amerika dan kemudian pindah ke perusahaan BUMN yang bergerak di asuransi ekspor dimana saat itu saya banyak berinteraksi dengan reasuradur international. 

Hari-hari berlalu, rutinitas berjalan sebagaimana biasa. Layaknya karyawan, saya terima gaji bulanan. Sampai suatu hari teman saya memberikan saya buku untuk dibaca. Judulnya "Cashflow Quadrant" karangan Robert Kiyosaki. Hampir setiap hari sepanjang perjalanan menuju kantor saya baca buku ini, saya bacakan keras-keras agar suami saya bisa dengar juga. 

Di dalam Cashflow Quadrant, Robert Kiyosaki membagi orang menjadi 4 kuadran, yaitu :

Kuadran Kiri : Karyawan (digaji dari apa yang dikerjakannya) dan Self Employed (Mempekerjakan diri sendiri misalnya: Dokter, Pengacara, Fotografer).

Kuadran Kanan : Business Owner dan Investor

 Tidak ada yang salah dari keempat kuadran tersebut. Hanya contoh dari "poor dad" nya Robert Kiyosaki yang membuat saya berfikir. Apa iya saya akan bekerja bertahun-tahun terus untuk orang lain walau saya terima gaji tiap bulannya. Pasti akan ada masanya saya pensiun. Lalu setelah pensiun, baru coba-coba bisnis? Dan dari contoh sang "Poor dad" yang menghabiskan sisa tabungan pensiun nya untuk bisnis yang tidak berhasil?

Ada sih yang sukses contohnya Colonel Sanders owner dari KFC yang memulai usahanya di usia 60 tahunan, tapi kenapa tidak dicoba sejak masih muda, produktif dan jika sukses masih punya kesempatan untuk menikmatinya.  In sya ALLAH. ^_^

Atau seorang self employed misalkan seorang Dokter atau Pengacara yang kemudian sakit lalu tidak bisa berkerja. Bagaimana bisa memperoleh penghasilan ?

Disinilah, saya makin "panas" rasanya. lalu saya mulai ikut seminar-seminar wirausaha. Dari buku Cash Flow Quadran pun memberikan tips-tips bagaimana ayah dari teman nya Robert Kiyosaki bisa menjadi "Rich dad" pemilik chain supermarket 7-11 (Seven Eleven) itu. Bagaimana caranya "pindah" ke Quadran kanan.

Business Owner , ada tiga cara memulai bisnis, yaitu dengan sistem Franchise, Kemitraan atau menciptakan brand / product sendiri. Apa saja kelebihan dan kekurangannya ? Apa yang akhirnya saya pilih ?

Bersambung ke sini yaa ^_^





 

No comments:

Post a Comment

Hi! share your stories here