Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, December 2, 2014

Berburu soto Betawi

Assalamualaikum beautiful?

Entah kenapa beberapa minggu belakangan ini saya pengen banget Soto Betawi. Sepertinya karena cuaca yang mulai sering hujan, terus dingin-dingin, jadi pengen banget makan yang berkuah-kuah. Dan sudah lama juga sepertinya saya tidak makan soto betawi.

Akhirnya saya memutuskan berangkat ke Citos untuk mencari Soto Betawi, dan seingat saya memang restaurant spesialis Soto Betawi di Citos ada di :

1. Cafe Betawi Citos. Saya pesan Soto Betawi daging. Karena saya tidak suka jeroan. Untuk porsinya sedang. Cukup sih menurut saya. Jumlah dagingnya juga banyak. Harga per porsi nya : IDR 45ribu. Belum termasuk pajak. Soto Betawi belum termasuk nasi putih. Rasanya? Enak, menggairahkan lah pokok nya :D . Ini dia penampakannya : 
 
Soto betawi nya Cafe Betawi plus tempe mendoan

Tapi, kemudian saya masih pengen juga dengan Soto Betawi dan pas saya lagi jalan-jalan dengan suami di Grand Metropolitan Mall, Bekasi. Kami melewati  restaurant Gula Merah.

2. Gula Merah.  Restaurant Gula Merah ini spesialis empal, tapi berhubung saya lagi pengen banget dengan Soto Betawi, akhirnya saya pun memesan itu. Suami saya yang mencoba empalnya. Soto Betawi disini sudah termasuk nasi harganya IDR.38ribu. Belum termasuk pajak. Porsinya lebih sedikit dari Cafe Betawi. Rasanya? Hmm, masih kurang enak menurut saya. Santannya kurang, walau dagingnya banyak dan empuk. Ini dia penampakannya :
Dari buku menu

Penampakan soto betawi di menu

Penampakan asli soto


3. Satay Khas Senayan. Restaurant Satay Khas Senayan di daerah menteng ini sudah lama saya tau. Dulu masih 1 gedung di sebelah gedung yang sekarang dan namanya dulu Satay House Senayan. Lagi-lagi saya penasaran pengen coba soto betawi nya. Kalau sate nya sudah sering banget saya coba. Soto Betawi disini belum termasuk nasi. Harganya IDR.69ribu. Porsinya banyak, potongan dagingnya besar-besar. Selain jeruk limo, sambal dan acar yang biasa ada di soto betawi pada umumnya, soto betawi disini juga dihidangkan dengan telur rebus dan perkedel.. Rasa nya enak juga, tapi masih kurang menggairahkan sih menurut saya. Terus mahal bok! hehehe

buku menu di satay khas senayan

Penampakan soto betawi di menu

Penampakan asli soto betawi di satay khas senayan. Perkedelnya ga kelihatan

Kesimpulannya, dari perburuan Soto Betawi di tiga restaurant tersebut yang menurut saya paling oke dari rasa, harga dan porsi adalah Soto Betawi di Cafe Betawi Citos. 

Sayang, untuk ke Citos nya sendiri saya malas sekali karena susah nya cari parkir. Pun dapat parkir itu biasanya di luar area gedung, dimana kalau hujan pasti kita kehujanan. Padahal di area gedung banyak sekali parkir untuk valet yang kosong, tidak terpakai. :( Dan tarif parkir di Citos juga mahal IDR4ribu/jam. Menurut saya sih tidak worth ed bayar segitu kalau masih kehujanan juga.  Sekian edisi curhat colongan saya. ^_^

Masih pengen Soto Betawi, coba dimana lagi ya yang enakk?? 
 

2 comments:

  1. Didepan tiptop rawamangun, itu soto betawi adanya sore smpe mlm. Rasanya bnr2 enak dr soto betawi lain nya. Tp diantara ke 3 soto yg lu coba itu, yg paling enak ya soto betawi di kafe betawi hehehehe

    Wahhh udah lama ga ke citos, pdhl tinggal koprol doang, kpn2 ktm an disitu yuks :p

    ReplyDelete
  2. Ih mau kapan ya bisa coba?niat bener ke rawamangun demi sotbet :) boleh yuk ke citos tp gw parkir drmh loe ya :)

    ReplyDelete

Hi! share your stories here