Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, August 19, 2014

Resep Risol Mayonaise

Assalamualaikum ! Bonjour !

Apa kabar readers ? In sya Allah sehat-sehat semua ya? Amiin.
Jadi bulan puasa lalu seperti biasa ada acara buka puasa bersama keluarga dan kita selalu bagi-bagi tugas untuk bawa makanan masing-masing. Aku seperti tahun-tahun sebelumnya selalu kebagian bawa snacks. Jadi bawa apa ya? oke kalau gitu aku akan bawa soes, pudding dan risol mayonaise. Pesannya ke teman sekolah aku dulu di SMP yang sekarang usaha catering kue-kue Agita. Tanya-tanya harga risol mayonaise nya kok lumayan mahal ya..hehehe, IDR.6.000/pcs kalau pesan 100 jadi IDR.600ribu khan untuk risol nya saja. Baiklah kalau gitu aku pesan Soes dan Puddingnya saja. Untuk risol mayonaise nya mau aku coba buat sendiri. Resep nya sendiri aku dapat dari searching di google. Ini dia resepnya :

Bahan :
* 300 gram tepung terigu
* 100 gram smoked beef iris tipis
* 100 gram mayonaise
* 2 butir telur
* 2 sdt garam
* 3 sdm mentega cair
* Minyak goreng
* Tepung roti
* 3 butir telur rebus
* Air matang secukupnya

Langkah-langkah pembuatan :
  1. Anda harus membuat kulit terlebih dahulu. Caranya mudah. Campurkan tepung terigu, telur, garam, dan mentega cair dan air. Aduk semua sampai halus  merata. Pastikan air harus cukup supaya adonan bisa menjadi kulit yang tipis dan cepat kering.
  2. Panaskan wajan teflon kecil, olesi minyak. Tuang adonan kulit kira-kira setengah cangkir. Putar-putar wajan hingga adonan menutupi dasar wajan dengan rata. Tunggu hingga matang, angkat dan sisihkan.
  3. Ulangi terus sampai adonan habis dan dinginkan kulit risoles.
  4. Setelah kulit dingin, ambil selembar, masukkan telur rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, smoked beef dan mayonaise.
  5. Lipat kulit hingga semua isian tertutup.
  6. Celupkan adonan pada kocokan telur dan gulingkan pada tepung roti.
  7. Goreng dalam minyak panas sampai berubah warna.
  8. Angkat, tiriskan dan hidangkan dengan saos sambal dan saos tomat.
Tips :
Setelah membuat 1 lembar kulit risoles baiknya dicoba dulu 1 lembar kulit, masukkan telur rebus yang sudah dipotong kecil-kecil, smoked beef dan mayonaise untuk mengecek apakah adonan sudah cukup tipis atau belum. Karena kalau masih terlalu tebal akan sulit dilipat. Apalagi jika kita suka risoles dengan isi yang banyak.

Ini dia hasil nya :)
Risoles mayonaise isi smoked beef, telur, n mayo

Alhamdulillah laku dan habis duluan, testimoni dari yang makan sih semua bilang enak! :)

1 comment:

  1. Wah enaknya, jd pengen buat, thank u for sharing mba

    ReplyDelete

Hi! share your stories here