Related Article

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, August 27, 2014

Membuat Passport Online

Assalamualaikum ? Bonjour ?

Ini ke empat kalinya saya membuat Passport. Dulu sewaktu gencar gencarnya otonomi daerah, saya pernah harus buat passport sampai di Karawang. Jauh banget ke karawang jadi saya mau 1 hari jadi, mau ga mau pakai special rate deh ( u know what i mean). Namapun beda di akte pakai y di ktp pake i, nambah lagi tariff nya. Hadeeehh..rempong banget. 

Nah, kali ini buat baru / perpanjang passport sudah bisa online dan katanya lebih mudah dan cepat. Ok, let's try! Post saya ini untuk yang akan perpanjang passport ya.

1. Buka website imigrasi disini. Pilih pra permohonan personal ya. Isi semua data yang diminta. Akan ada link dikirim ke email kita untuk di klik untuk melanjutkan proses berikutnya dan ada Bukti Pengantar ke Bank. Surat ini di print dan dibawa ke Bank B*I untuk melakukan pembayaran. Biaya perpanjang passport adalah sebesar IDR.355.000 plus IDR.5000 untuk biaya administrasi. Cukup berikan surat ini ke teller, kita tidak perlu tulis lembar setoran bank dsb. Akan diberikan bukti pembayaran 2 lembar. 1 untuk diberikan saat memasukkan aplikasi langsung bersamaan dengan copy ktp dll, 1 lagi disimpan untuk pengambilan passport jika sudah jadi. Oya biaya passport berbeda-beda ya, jika passport hilang tarif nya lebih mahal kurang lebih IDR 600.000.

2. Setelah dari Bank , buka kembali email klik link yang sudah dikirimkan kita bisa lihat bahwa Permohonan kita sudah dibayarkan, lalu input no.jurnal yang ada di bukti pembayaran dari Bank. Lalu ada pilihan secara online waktu yang tersedia untuk datang ke kantor imigrasi untuk proses selanjutnya.Saya memilih hari Kamis. Waktunya adalah pukul 08.00-14.00. Akan ada Tanda Terima Permohonan. Diingatkan untuk tidak memakai baju putih, membawa dokumen lengkap dan proses harus dilanjutkan maksimal 7 hari. Jika lebih dari itu permohonan ini akan batal dengan sendirinya.
3. Hari Kamis saya datang ke kantor imigrasi Jakarta Timur. Dokumen yang diperlukan antara lain : 
a. Asli dan Copy KTP 1 lembar (ini penting, copy ktp di kertas A4, tidak perlu digunting jadi kecil ya)
b. Asli dan Copy KK 1 lembar
c. Asli dan Copy Akte Kelahiran / Ijazah / Surat Nikah (pilih salah satu saja)
d. Tanda Terima Permohonan
e. Bukti pembayaran ( simpan 1 untuk ambil passport nanti )
f. Materai 6000 untuk mengisi surat pernyataan. 
g. Asli dan Copy Passport lama 1 lembar

Saya datang pukul 10.00 dan karena harus 2 kali bolak balik naik turun ke lt.2 untuk fotocopy KTP di kertas A4 karena copy yang saya siapkan kecil seukuran KTP asli dan beli materai 6000, jadi saya mulai antri di antrian online pukul 10.30. Loket untuk antrian online hanya 1 jadi pelayanan masih lambat. Saya menunggu sampai pukul 14.00. Loket tutup untuk istirahat dari pukul 12.00-13.00. Jadi 2,5jam saya menunggu hingga bisa drop dokumen. Yang kita berikan cukup copy KTP,KK, Akte Lahir saja ya, kecuali passport asli yang lama diambil dahulu nanti akan bisa kita ambil lagi.

ruang tunggu antri foto dan interview
3. Setelah dicek semua dokumen lengkap, kita melanjutkan kembali antri untuk Foto dan Wawancara. Hadeuh antri lagi, mabokkk. Antri foto dan scan sidik jari lancar. Sewaktu antri wawancara kok lama lagi. Yang antrian dibelakang saya sudah dipanggil lebih dulu, saya ko belum ya. Ternyata dokumen saya di tumpuk di antrian interviewer yang lebih detail, banyak pertanyaan, jadi lama deh. Akhirnya saya dipanggil , 

Interviewer : "mau kemana Bu?"
Saya : "In sya ALLAH mau umrah Pak". (amiin aja ya hehe, padahal perpanjang aja dulu passportnya belum tau mau kemana)
Interviewer :   "Wah, saya juga pengen umrah Bu"
Saya : "Amiin Pak"   
Interviewer : "Udah nikah Bu ? Kok KK nya masih gabung sama orangtua Bu?"
Saya : "Baru nikah Pak" padahal sudah 5 tahun hehehe
Interviewer : "wah ibu sudah jalan-jalan kemana-mana ya?" liat passport lama ada visa schengen, saudi, qatar dll
Saya : "...hmmm biasa aja Pak.." hehehe bingung jawab apa
Interviewer : "dicek data nya ya semua ya Bu, sudah benar belum" nyodorin monitor pc.
Saya : cek cek.. "Sudah Ok semua Pak" ya iya itu khan kita sendiri yang isi online dari rumah.
Saya : "Kapan selesai nya Pak?"
Interviewer : "Selasa Bu." sekarang kamis.
Saya "oh saya kira sehari jadi Pak" ternyata tidak. 

Alhamdulillah pas saya, si Bapak ga banyak tanya-tanya dan proses nya lancar semua, cuma mesti sabar saja antri nya. Sampai di imigrasi Pukul 10.00 selesai interview Pukul 16.20. Hadeuhhh mabook. Tapi sebagai warga negara yang baik kita wajib disiplin mengikuti prosedur yang ada dan tidak menggunakan "jalur cepat" agar sistem makin membaik dan korupsi bisa ditumpas secara total.

4. Hari selasa datang kembali ke imigrasi dengan membawa bukti pembayaran Bank. Passport baru sudah jadi. :) Untuk ambil passport lama, isi surat pernyataan bahwa passport lama diminta kembali untuk proses pembuatan visa. Alhamdulillah sudah jadi passport barunya, siap berangkaat!! #belumtaukemana :)
passport baru n passpart case dari h&m ,murah cuma 70ribu :)


2 comments:

  1. Proses perpanjangan & pembuatan paspor baru apa bisa langsung dtg bawa dok persyaratan ke kantor imigrasi tanpa harus daftar online? Terimkasih atas pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa, justu antrian online baru ada 1 line /loket dari 6loket yang ada di kantor imigrasi jakarta timur

      Delete

Hi! share your stories here